Moment Cheng Beng Tingkatkan Pendapatan Daerah

Agung Setiawan

‎SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, ‎Kegiatan ritual masyarakat keturunan Tiong Hoa di Kabupaten Bangka, Sembahhyang Kubur, merupakan kegiatan  penghormatan kepada arwah leluhurnya.  Kegiatan ini jatuh  pada tanggal 4 April 2017, namun sebelum hari puncaknya sudah banyak masyarakat Bangka yang sudah sembahyang duluan, baik yang ada di Bangka,  Jakarta,  ataupun warga masyarakat keturunan Bangka yang ada di luar negeri. 

“‎Sembahyang kubur, atau Ceng Beng ini, tentunya bagi Kabupaten Bangka  banyak multi player efeknya. Karena dengan kehadiran warga keturunan Tiong Hoa Bangka yang  ada di luar Bangka akan berdatangan ke daerah ini.  Ini akan menambah PAD daerah,” ungkap Tokoh Tiong Hoa Bangka, Ir Agung Setiawan, ketika ditemui, disela-sela persiapan kegiatan Ceng Beng, Minggu (2/4/2017).

‎Menurut  Agung Setiawan, pendapatan daerah akan bertambah, karena banyak warga datang dari luar, menginap di hotel-hotel yang ada di bumi Sepintu Sedulang ini. Disamping itu warga keturunan yang datang  juga akan berbelanja dan menjadikan dalam beberapa hari geliat ekonomi di pasar akan sedikit bergerak maju. 

“Belum lagi mereka mencari transportasi , menyewa mobil dan juga mereka tidak hanya melulu mengikuti sembahyang kubur saja, namun akan datang ke tempat-tempat wisata. ‎Wisata itu banyak arti, bisa wisata kuliner dan juga wisata di pantai-pantai. Dengan begitu pendapatan daaerah kita bertambah,”ujar Agung Setiawan yang juga mantan anggota DPRD Bangka.

‎Dijelaskannya, kegiatan Ceng Beng seyogyanya perlu perhatian serius dari pemerintah daerah, dimana pemerintah harus menata dengan baik, kuburan-kuburan orang tiong hoa yang ada di daerah. Dengan begitu tempat-tempat tersebut, nantinya dapat dijadikan tempat wisata religius. Di sisi lain, pemerintah juga perlu memperbaiki infrastruktur,  sarana prasarana di tempat-tempat kunjungan wisata yang ada di daerah ini.

“‎Mungkin perbaikan jalan dan juga lampu penerangan, sehingga bagi warga yang datang dari luar negeri akan merasa nyaman berlibur ke Bangka. Tentunya mereka sekembalinya dari Bangka nanti akan bercerita dengan sahabat-sahabat mereka yang ada di luar negeri tentang kondisi Bangka. Otomatis warga luar negeri yang belum datang ke Bangka, akan tertarik dan  mereka akan datang juga di daerah ini,”tuturnya.
‎Ditambahkan Agung, pada dasarnya, kegiatan Ceng Beng, setiap tahunnya semakin banyak warga kelahiran Bangka yang ada di luar negeri datang ke Bangka. Untuk itu, sudah saatnya momen-momen ini dapat dijadikan ajang penambahan PAD serta upaya mengenalkan tempat-tempat wisata yang ada di daerah ini.

“Tentunya butuh bantuan semua lapisan masyarakat, sehingga Bangka pariwisatanya cepat maju dan dapat menjadi percontohan di Babel ini,” pungkasnya. (eru) .‎

About kabarbabel 2056 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.