Setelah Sekda Diperiksa 6 Jam, Giliran Tarmizi Diperiksa Kejati Babel

‎*Masih Soal Pengerukan Muara Air Kantung Oleh Pulomas

PANGKALPINANG – www.kabarbabel.com, Setelah beberapa waktu lalu Sekda Bangka Fery Insani diperiksa terkait kegiatan pengerukan pelabuhan Jelitik dan Air Kantung Sungailiat, Kamis (30/3/2017) giliran Bupati Bangka Tarmizi Saat yang diperiksa tim penyidik Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung  Kejati Babel).

Pantauan sejumlah wartawan, Tarmizi diperiksa hampir 4 jam mulai pukul 11.00 WIB hingga 15.00 WIB di ruang Aspidsus yang dilakukan langsung oleh Patris Yusrian Jaya (Aspidsus) dan Kasi Penyidikan, Wilman Ernaldy. Mengenai pemeriksaan orang nomor 1 di jajaran Pemkab Bangka ini, Roy Arland selaku‎ Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasipenkum) Kejati Babel mengatakan penyidik sedang mendalami dugaan kuat adanya kerugian negara mencapai puluhan milyar dalam proyek pengerukan oleh PT Pulomas Sentosa di dermaga tersebut. 

Sementara ini ada dugaan, aktivitas pengerukan itu sendiri hanya kedok saja namun faktanya diduga adalah penambangan pasir dan timah yang dilakukan pihak PT Pulomas Sentosa sejak 2011.
‎Hal tersebut lah yang kemudian ditanyakan kepada Bupati selaku Kepala Daerah yang juga mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka.

‎”Kalau memang betul penambangan kita juga telusuri terkait izin serta bagaimana kontribusi ke kas daerah. Data detilnya ada di penyidik, namun intinya dipertanyakan soal pengerukan ataupun penambangan itu, penyidik membutuhkan kejelasan itu semua langsung dari Bupati yang pernah menjabat sebagai Sekda,” katanya.

Roy menyatakan tidak bisa membeberkan apa hasil pemeriksaan. Sebab masih di penyidik, dan sedang dalam pendalaman. Sebelumnya Sekda Bangka Fery Insani, mantan Kabag Pertanahan Setda Bangka Rudiyansah dan Kabid PAD Suparto sempat dimintai keterangan terkait pengerukan muara Air Kantung. (kbc).

About kabarbabel 2044 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.