Komisi C DPRD Bangka Ingatkan Provinsi Libatkan Kabupaten Soal Raperda Zonasi Laut

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bangka, Hendra Yunus meminta pihak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melibatkan kabupaten/kota dalam membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Zonasi Laut. Pasalnya, walau laut menjadi kewenangan provinsi namun dampaknya pertama kali dirasakan kabupaten apabila ada konflik terkait kepentingan laut.
Politisi demokrat ini mengatakan, pihaknya untuk tingkat Kabupaten Bangka telah memanggil dinas terkait seperti Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata dan Bappeda. Hal ini untuk berkoordinasi agar nanti Kabupaten Bangka tidak telat memberi masukan.
“Walau pembahasan dilakukan pihak provinsi karena menyangkut kewenangan, tetapi diharap pihak kabupaten diakomodir, sebab kabupaten yang memiliki wilayah lebih tahu kondisi seperti konflik-konflik. Hal ini supaya tidak ada konflik antara kepentingan nelayan, pertambangan, pariwisata dan perikanan,” ungkapnya di ruang Komisi C DPRD Bangka, Rabu (29/3/2017).
Ia ingatkan, komunikasi dengan pihak kabupaten, termasuk pihak-pihak yang bergelut di bidang laut harus diikutsertakan‎ dan selayaknya dapat mengakomodir masukan yang ada.
Penting juga melakukan kajian agar penetapan zonasi laut tepat dan tidak menimbulkan konflik.
“Jangan sampai nanti kajian tidak sesuai, konflik timbul lagi, kabupaten yang parahnya. Kewenangan memang di provinsi tapi konflik itu di kabupaten, karena yang punya wilayah kabupaten. Untuk itu kita harap provinsi mempertimbangkan ini, mengenai masukan-masukan dari kabupaten,” tukasnya.
“Jangan sampai pihak provinsi lengah mengundang, pihak provinsi membahas sendiri, tidak ada masukan kabupaten-kabupaten. Yang penting juga pakai kajian bagaimana kita menetapkan zona tersebut. Masukannya ada, kajiannya tidak ada. Semua harus jelas. Kita tahu dibawah laut mungkin ada timah, di tengah perikanan di atas mungkin pemukiman. Jadi masukan itu yang perlu diperhatikan provinsi dari kabupaten-kabupaten,” tegasnya lagi (vna).
About kabarbabel 2399 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.