Bupati Bangka Ingatkan Penerima Dana Hibah Jangan Telat Sampaikan Laporan

 

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan, penerima dana hibah untuk membuat rencana dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan rencana agar tidak menjadi permasalahan dikemudian hari.

“ Dana hibah ini tentu dimulai dari perencanaan, bila sudah direncanakan dengan baik dan dilaksanakan dengan benar tidak akan menjadi masalah,’ kata Tarmizi Saat, Bupati Bangka pada sosialisasi dana hibah kepada para calon penerima dana hibah di kabupaten Bangka, Rabu (29/3/2017) di ruang Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

Menurut Tarmizi, selama 7 tahun dirinya menjabat sekda tidak pernah bermasalah soal dana hibah.

“ Agar diingatkan bahwa dana hibah ini dana rakyat yang diamanahkan kepada kita untuk mengelolanya dengan baik,” tukasnya.

Dikatakannya, jangan sampai ada masalah dalam pengelolaan dana hibah, khususnya dalam permasalahan hukum jadi untuk dapat dilakukan dengan tidak melanggar aturan.

Dijelaskan Tarmizi, dalam membuat perencanaan agar dirapatkan dulu oleh yayasan kegiatan apa yang akan laksanakan dalam penggunaan dana hibah.

Ditegaskan Bupati, rapat perencanaan itu penting untuk menentukan program yang akan dilaksanakan, sedangkan dalam pelaksanaan Pemkab Bangka tidak turut campur dan tidak ada sumbangan – sumbangan dari dana hibah itu untuk aparat pemda itu diharamkan.

“ Tidak boleh yang namanya sumbangan – sumbangan itu, makanya dana hibah diserahkan melalui rekening langsung yang menerima,‘ ujarnya.

Namun diakui Bupati, yang sering terlambat dalam penggunaan dana hibah adalah pertangungjawaban dari penerima dana hibah, untuk itu perlu dilakukan sosialisasi kepada calon penerima dana hibah.

Kesempatan itu Asisten Pemerintahan dan Kesta Sekda Bangka Drs. Arman menjelaskan, kelompok, perorangan maupun yayasan yang menerima dana hibah pada tahun 2017, agar pertanggungjawaban terhadap dana hibah maupun dana bantuan sosial benar – benar dapat dipertangungjawabkan sesuai dengan apa yang diusulkan.

“ 10 Januari merupakan batas akhir menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hibah pada setiap tahun, jadi untuk penerima dana hibah tahun 2017 maka pertanggungjawabannya sudah harus masuk paling lambat 10 Januari 2018 ke Pemerintah Kabupaten Bangka,” ungkap Arman.

Dijelaskannya, dana hibah diberikan melalui yayasan, perorangan maupun kelompok tidak bisa diberikan secara berturut – turut,  kecuali KONI, Pramuka, selalu berurutan setiap tahun.

Sosialisasi dana hibah, diikuti para calon penerima dana hibah dari Pemkab Bangka diantaranya para pengurus yayasan, pimpinan ormas, lembaga pendidikan dan lain – lain.(Rus/Humas/kbc).

About kabarbabel 2242 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.