‎Nelayan 1 Sungailiat Punya IPAL Komunal Bantuan IDB

Peresmian IPAL Komunal Bantuan Islamic Development Bank di Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat Sabtu (25/3/2017). (Foto : Avena/www.kabarbabel.com).

,Per‎
S‎UNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Warga yang tersambung dalam saluran Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal diharapkan menjaga dan memanfaatkan saluran IPAL tersebut dengan baik sehingga dapat menjaga lingkungan menjadi bersih dan sehat. Hal tersebut diungkapkan Staff Ahli Bupati Bangka Bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, Zulkarnain Idrus, ketika meresmikan IPAL Komunal di Lingkungan Nelayan 1, Sungailiat, Sabtu (25/03/2017).

‘’Mari kita jaga dan manfaakan IPAL komunal ini dengan baik agar lingkungan kita tetap terjaga dengan baik,’’ungkap Zulkarnain.

Pria yang disapa Alex ini mengutarakan, dalam penggunaan saluran IPAL ini diharapkan dipergunakan dengan benar sebagai saluran air limbah dan jangan dimasukkan barang atau sampah karena saluran IPAL dipergunakan untuk pengolahan limbah rumah tangga baik itu dari WC ataupun dapur rumah tangga. ‘

“Barang-barang seperti pampers ataupun sejenisnya jangan dimasukkan dalam saluran IPAL karena penggunaannya untuk air limbah,’ ’jelas Zulkarnain Idrus.

Galeri Di Atas Bangunan Utama IPAL Komunal Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat. (Foto:Avena/www.kabarbabel.com).

*Di Atas Bangunan IPAL Dibangun Perpustakaan Mini

Dalam kegiatan tersebut juga, ketua panitia yang juga sebagai Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Gawe Kite, Adi Putra, mengatakan bahwa peresmian IPAL tersebut dibangun menggunakan dana IDB (Islamic Development Bank) yang digulirkan dari Kementerian PU RI sebesar Rp 525 juta di atas lahan 3×8 meter yang merupakan tanah hibah dari warga bernama Toni.

‘’Di atas bangunan IPAL ini juga dibangun perpustakaan mini yang bisa dimanfaatkan warga untuk membaca dan menambah ilmu pengetahuan,’’ ungkap Adi Putra

Dalam kesempatan itu juga dijelaskan, selain di Lingkungan Nelayan 1, IPAL komunal juga telah diresmikan 3 titik di Desa Sempan dan pada tahun 2017 ini. Kabupaten Bangka mendapat tambahan 6 titik IPAL Komunal yang mana saluran IPAL ini 2 saluran yakni saluran dari septi tank dan dapur atau kamar mandi warga.

Untuk di lingkungan Nelayan 1 Sungailiat sudah tersambung 54 sambungan rumah yang mana kapasitas IPAL Komunal adalah 100 saluran rumah. Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga oleh para kepala SKPD di Lingkungan Pemda Bangka, perwakilan TNI, Ketua KNPI Bangka, Ketua HNSI Bangka, dan satker PU. (EDO Humas Setda Bangka/KBC). ‎

About kabarbabel 2187 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.