Lowongan Seleksi 8.348 Mahasiswa Ikatan Dinas dari Pemerintah

MANGGAR - www.kabarbabel.com, Meskipun Pemerintah Pusat menyatakan akan melanjutkan moratorium penerimaan CPNS, namun khusus untuk penerimaan calon siswa-siswi/ taruna-taruni pada kementerian/lembaga yang mempunyai pendidikan ikatan dinas masih terus dilaksanakan. Tahun 2017 ini pemerintah pusat akan menerima sebanayak 8.348 orang putra-putri daerah terbaik lulusan SMU atau sederajat.

Jika lulus seleksi dan diterima mengikuti pendidikan ikatan dinas, seluruh biaya pendidikan ditanggung negara. Setelah lulus, mereka akan dilantik menjadi CPNS di Kementerian, lembaga dan badan pemerintah, ataupun lembaga otonom.

Ditemui Diskominfo Beltim, Kamis (2/3/2017), Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Zikril menyatakan saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) sedang membuka pendaftaran untuk Pendidikan Ikatan Dinas. Pendaftaran baru akan dibuka dari 9 Maret 2017 hingga 31 Maret 2017 mendatang.

Hal tersebut diungkapkannya saat menerima Surat Pengumuman MenPAN-RB dengan Nomor 125/S.SM.01.00/2017 tertanggal 1 Maret 2017. Surat tersebut berisi tentang Pengumuman Penerimaan Calon Siswa-Siswi/ Taruna-Taruni Pada Kementerian/ Lembaga Yang Mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan Tahun 2017.

“Kalau untuk syarat-syaratnya tiap Kementerian atau Lembaga Negara menetapkan secara berbeda. Lebih jelasnya liat pengumumnannya di website masing-masing atau di www.panselnas.id,” ungkap Zikril.

Plt. Kepala BKPPD itu menyebutkan setidaknya ada 8 Kementerian dan Lembaga Negara yang membuka pendaftaran. Dengan jumlah penerimaan mencapai 8.348 orang.

“Calon peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 8 sekolah tersebut. Jika mendaftar lebih dari satu maka yang bersangkutan akan secara otomatis dinyatakan gugur,” jelas Zikril.

Sekolah tersebut terdiri dari, Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) Kementerian Keuangan, Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) Kementerian Dalam Negeri, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kementerian Perhubungan, Politeknik Ilmu Permasyarakatan (POLTEKIP) dan Akademi Imigrasi Kemnterian Hukum dan HAM, Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Badan Intelejen Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Badan Pusat Statistik, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) BMKG, dan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) Lembaga Sandi Negara.

“Setiap peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk seleksi kompetensi dasar dikenakan biaya Rp 50 ribu. Khusus untuk lembaga pendidikan pada Kementerian Keuangan, Perhubungan, BPS dan BMKG ada biaya tambahan,” kata Zikril.

Lebih lanjut Zikril menjelaskan, peserta dapat mengikuti pendidikan jka telah dinyatakan lulus. Untuk pengangkatan CPNS akan dilakukan setelah peserta dinyatakan lulus serta memperoleh ijazah dari lembaga pendidikan yang bersangkutan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang dikaitkan dengan seleksi penerimaan. Tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu,” ujarnya. (Humas Beltim).

About kabarbabel 2046 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.