Tahun 2016 DPPU Beltim Bangun Jalan 59,273 Km

Manggar – www.kabarbabel.com, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) telah berhasil membangun jalan Kabupaten, Kecamatan dan Desa sepanjang 59,273 kilometer pada tahun 2016 lalu. Jumlah ini lebih 9,27 kilometer dari yang sebelumnya direncanakan, yakni sepanjang 50 kilometer.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Idwan Fikri mengungkapkan tahun 2016 lalu, anggaran untuk pembangunan dan peningkat jalan di Kabupaten Beltim mencapai Rp 63.753.180.000. Jumlah tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD Kabupaten Beltim 2016.

“Totalnya ada 11 paket Pembangunan dan Peningkatan Jalan Kabupaten, 4 paket dari DAK dan 7 paket dari APBD. Seluruh yang APBD untuk jalan di setiap kecamatan, sedangkan yang DAK dua di Kecamatan Simpang Pesak, satu di Gantung dan satu lagi di Dendang,” ungkap Idwan di ruang Kerjanya, Kamis (12/1/2017).

Terkait adanya penambahan volume, Idwan menjelaskan dikarenakan kondisi badan jalan banyak yang cukup baik, sehingga dapat memungkinkan untuk dikurangi ketebalannya. Hal tersebut membuat volume panjang jalan dapat ditambah.

“Tergantung kondisi lokasi tubuh jalan yang akan dibangun, jika tidak membutuhkan banyak pengerasan dan penimbunan maka tidak akan banyak anggarannya. Sebaliknya jika kondisinya lembah dan banyak genangan maka harus lebih tebal,” kata Idwan.

Menurutnya selama ini jalan yang dibangun banyak yang memang masih menggunakan kontruksi sederhana dengan bahan dasar tanah puru. Hal inilah yang menyebabkan rentannya kondisi jalan sehingga lebih mudah rusak.

“Sebaiknya memang pakai agregata yang yang pasir batu, jadi lebih sempurna. Mayoritas tanah di Belitung kan clay (tanah liat) kalau sudah agregata kan tidak mengendap,” ujarnya.

Hanya saja Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) seluruh Kegiatan Peningkatan dan Pembangunan Jalan di DPUPR tersebut menyebutkan, jika pembangunan jalan menggunakan agregata anggaran yang digunakan akan lebih besar.

“Kalau kontruksi sederhana satu kilometer hanya sekitar Rp 1,5 milyar, sedangkan agregata bisa mencapai Rp 3 milyar, dua kali lipat. Tapi yang jelas jalan akan lebih tahan terhadap tekanan dan tonase yang besar,” jelasnya.

Jika tahun 2016 DPUPR membangun jalan sepanjang 59,273 kilometer, maka di tahun 2017 ini jumlah yang akan dibangun hanya mencapai 22 kilometer. Hal ini dikarenakan keterbatasan anggaran, tahun ini anggaran untuk pembangunan jalan hanya sebesar Rp 37.164.000.000. (Rilis Beltim).

About kabarbabel 2415 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.