Beranda Bangka Ini Alasan Ratusan Warga Minta Kadus Rebo Dicopot dari Jabatannya

Ini Alasan Ratusan Warga Minta Kadus Rebo Dicopot dari Jabatannya

85
BAGIKAN
Warga datangi Kantor Desa Rebo. kabarbabel.com/vna

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Ratusan warga Rebo, Sungailiat, Bangka hilang kepercayaannya terhadap Kadus Rebo Nuraini. Hal ini karena Nuraini menandatangani Berita Acara Survei Kapal Isap Produksi (KIP).

Sehingga ratusan warga meminta pihak desa mencopot jabatan Nuraini dari kepala dusun. Nuraini dinilai telah menyalahgunakan jabatannya dengan menandatangi berita acara survei KIP yang rencana beroperasi di Pantai Rebo.

Kades Rebo Fendi mengatakan masyarakat sempat melakukan penyegelan kantor desa karena menuntutan Nuraini dicopot dari jabatannya sebagai Kadus Rebo.

“Sebenarnya sudah dari pagi di sini. Kantor kita disegel, jadi tidak bisa apa-apa sebelum keinginan mereka dilakukan (pemecatan kadus). Kadus menandatangani BAS tanpa sepengetahuan warga. Jadi warga marah,” sebut Fendi.

Protes warga ini langsung direspon pihak desa dengan melakukan audiensi dihadiri warga dan Dinsospemdes Kabupaten Bangka serta pihak Kecamatan Sungailiat.

Sekcam Sungailiat Al Imran menambahkan, hasil audiensi tersebut menyepakati pemberhentian Nuraini sebagai kadus. Ia menginginkan proses pemberhentian kadus dilakukan secara baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

 ‘Itu kan ada prosedurnya. Kita minta pihak desa nanti harus melengkapi segala prosesnya,” kata Al Imran.

Al Imran mengungkapkan, sebelumnya pihak Desa Rebo sudah mengajukan pemberhentian kadus. Namun pihaknya menolak permohonan itu dikarenakan harus memenuhi proses administrasi.

“Karena banyak aturan yang mengatur dan harus berdasarkan PP 43 Tahun 2014, UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, PP Nomor 47 Tahun 2014, serta Perbup 43 Tahun 2015. Jadi jangan sampai ada kesalahan adminisi di sini,” jelas Al Imran. (vna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here