Beranda Bangka Ini Tujuan Satlantas Polres Bangka Tetapkan Kampung Tertib Lalu Lintas di Sri...

Ini Tujuan Satlantas Polres Bangka Tetapkan Kampung Tertib Lalu Lintas di Sri Menanti

125
BAGIKAN
Kasat Lantas Polres Bangka, AKP Diana saat sambutan pada Peresmian Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan Sri Menanti, Jumat (11/1/2019). (Foto: Hendry/kabarbabel.com)

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Bentuk apresiasi telah diberikan pihak Polres Bangka kepada Kelurahan Sri Menanti, melalui peresmian Kampung Tertib Lalu Lintas, Jumat (11/1/2019). Dalam program ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka mempunyai beberapa tujuan dalam penetapan kampung tertib lalu lintas di Kelurahan Sri Menanti itu.

Tujuan tersebut masih berkaitan dengan tingginya angka Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) di Kabupaten Bangka. Seperti disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Bangka, AKP Diana, melalui program itu pihak Satlantas Polres Bangka ingin membentuk tokoh masyarakat sebagai pelopor Keselamatan Sadar Tertib Berlalu Lintas di suatu kelurahan atau desa. Tokoh itu nantinya diharap menjadi panutan bagi masyarakat di daerahnya masing – masing.

“Tokoh masyarakat seperti itu, akan kami ajak dan kami bimbing. Tentunya bukan hanya kepolisian saja yang bertugas, tetapi masyarakat juga harus ikut membantu, agar dapat mengurangi angka Laka Lantas di Bangka kita ini,” ucap Diana kepada wartawan di Kantor Kelurahan Sri Menanti, Jumat (11/1/2019).

Diana menyatakan, di Kelurahan Sri Menanti ini sudah ditemukan tokoh masyarakat yang menjadi teladan Keselamatan Sadar Tertib Berlalu Lintas. Terbentuknya Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan Sri Menanti ini juga supaya dapat menjadi contoh kelurahan lain di Kabupaten Bangka.

“Saya ingin Kelurahan Sri Menanti ini, akan dijadikan contoh bagi kelurahan maupun desa yang lainnya, supaya mereka berlomba – lomba untuk meminimalisir angka Laka Lantas ini menjadi tidak ada,” tukasnya.

Diketahui,ada sebanyak 5.533 pelanggaran yang ditindak oleh pihak Satlantas Polres Bangka pada tahun 2018. Pelanggaran sebanyak itu ditemukan melalui razia di jalan raya maupun patroli di kawasan Kabupaten Bangka.

“Pada tahun lalu, banyak para pengendara ditemukan tidak menggunakan helm. Jadi itulah alasan kami lakukan penilangan supaya menimbulkan efek jera tentunya,” kata Diana.

Diana mengungkapkan, kedepan pihak Satlantas Polres Bangka akan bekerja sama dengan pihak kelurahan maupun Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka. Hal ini untuk melakukan pengecekan rambu – rambu yang ada di jalan raya, baik yang belum terpasang ataupun yang sudah rusak.

Ia juga menyatakan, bentuk program seperti Safety Ridding (keselamatan berkendara) nantinya untuk mengajar cara berkendara yang aman kepada masyarakat. Bahkan, jika ada masyarakat yang ingin belajar tentang lalu lintas dengan Kepolisian langsung, pihak Satlantas Polres Bangka akan siap memberi sosialisasi kepada masyarakat.

“Semoga masyarakat cepat sadar akan pentingnya keselamatan berkendara, sehingga angka Laka Lantas pada tahun 2019 ini berkurang, atau tidak ada sama sekali. Itu yang kami inginkan,” pungkasnya. (m4).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here