Beranda Belitung KPU Bakal Pinjam GOR Tanjungpandan Saat Pemilu 2019 Nanti

KPU Bakal Pinjam GOR Tanjungpandan Saat Pemilu 2019 Nanti

27
BAGIKAN

TANJUNGPANDAN, KABARBABEL.COM – Untuk kebutuhan logistik keperluan Pemilihan Umum (Pemilu) hingga April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung bakal pinjam Gedung Olahraga (GOR) Tanjungpandan, Rabu (9/1/2019).

Dikatakan Ketua KPU Kabupaten Belitung Sony Kurniawan, rencananya GOR yang berada di Jalan A Yani inilah nantinya akan dikumpulkan semua alat-alat logistik seperti surat suara dan lainnya.

“Sekarang ini kita memohonkan bantuan kepada pemerintah untuk mencarikan 1 tempat yang representatif, di GOR nanti rencananya. Nah di GOR ini lah kita akan kumpulkan semua alat-alat logistik termasuk kelengkapan surat suara. Nanti sortir sampai dengan pelipatan dan distribusi kita harapkan di suatu tempat yang benar-benar bisa mengakomodir setiap kegiatan,” ujar Sony.

Sony juga menjelaskan KPU sangat membutuhkan ruang untuk segala jenis kegiatan yang berkaitan dengan Pemilu apa lagi tentang kebutuhan logistik dan GOR adalah tempat yang sangat tepat. Sony berharap Pemerintah Kabupaten dapat mengakomodir dan memberikan suport atas pinjaman GOR tersebut.

Peminjaman GOR ini bukan tanpa alasan, Sony menjelaskan untuk gudang yang ada di KPU sekarang kurang memadai untuk kebutuhan logistik ini, apalagi Pemilu nantinya akan ada lima surat suara yang akan dicoblos dengan daftar pemilih tetap mencapai 125.248 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Belitung.

“Nanti kita akan fokuskan di GOR dengan waktu yang tidak terlalu lama dan tempat yang luas, kemudian bantuan dari masyarakat yang akan melakukan pelipatan juga akan banyak, dengan ini kita akan memangkas jumlah waktunya. Jumlah 5 surat suara dikali DPT ditambah persen kan itu jumlah yang banyak,” pungkas Sony.

*KPU Harap Tingkat Kepatuhan Partai dan Caleg Tetap Tinggi Hingga Waktu Pemilu 2019 Mendatang

SAAT ini KPU terus mempersiapkan kebutuhan teknis menjelang pemilu 2019. Sony Kurniawan mengatakan menjelang 3 bulan pemungutan suara 17 April 2019 nanti, kesiapan KPU Kabupaten Belitung dalam hal ini meliputi seluruh kebutuhan teknis.

“Untuk saat ini kita masih menunggu PKPU mengenai penghitungan dan pemungutan suara yang nanti akan kita lakukan bimbingan teknis dengan metode simulasi sampai kepada KPPS, saat ini kita sedang mempersiapkan logistik terutama, sudah kita terima surat suara kedap air untuk kebutuhan 529 TPS, untuk surat suara akan datang bulan Maret nanti,” jelas Sony.

Kemudian kegiatan sosialisasi di 2019 ini akan mulai dilaksanakan dengan menyesuaikan anggaran yang melibatkan semua unsur dan panitia PPS.

“Hari Sabtu nanti berkaitan dengan pelaksanaan kampanye, terhitung dari tanggal 23 September hingga hari ini sudah 3 bulan lebih proses pelaksanaan kampanye berjalan, dan kita akan melaksanakan sosialisasi kembali serta mengevaluasi proses kampanye yang sudah berjalan dan masih banyak lagi yang akan dibahas di hari tersebut,” katanya.

Dirinya berharap peserta pemilu dalam hal ini partai politik melalui para caleg, tingkat kepatuhannya masih tetap seperti di awal hingga tanggal 14 April nanti. Selain itu sosialisasi hari Sabtu nanti, mereka akan segera menyampaikan terkait DAMI surat suara untuk DPRD Kabupaten Belitung, karena kemarin sudah dilakukan penyesuaian terhadap perubahan-perubahan.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa setelah ditetapkannya DCT, nah itu partai politik tidak dapat melakukan perubahan yang sifatnya pergantian, kecuali yang memang ditemukan dan di DAMI yang akan kita tetapkan surat suara resmi itu hanya menghapus nama tetapi tidak mengganti, nah DAMI inilah hasil validasi terakhir mengenai kondisi terakhir untuk masing-masing caleg yang diusung dari partai politik dan nanti kita akan menyampaikan SK perubahan DCT kepada partai politik,” katanya. (als)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here