Beranda Bangka 42 Calhaj Bangka tahun 2019 Lakukan Manasik Haji Mandiri

42 Calhaj Bangka tahun 2019 Lakukan Manasik Haji Mandiri

65
BAGIKAN
Para peserta Manasik Haji tahun 2019 diberi bimbingan oleh pihak KBIH Al - Ittihaad Sungailiat, Sabtu (5/1/2019). (Foto: Hendry/kabarbabel.com)

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Sehubungan dengan dilaksanakan Ibadah Haji yang jemaahnya akan berangkat pada tahun 2019, para Calon Haji (Calhaj) Kabupaten Bangka melakukan manasik haji. Manasik haji berlangsung di Masjid Al Ittihaad Sungailiat, Sabtu (5/1/2019).

Ketua Panitia Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al – Ittihaad Sungailiat, Padri Musa mengatakan, sebanyak 42 Calhaj melakukan manasik haji secara mandiri yang pendanaannya dikeluarkan oleh dana pribadi secara infaq dari para Calhaj kepada penyelenggara.

“Para Calhaj ini meminta kami untuk dilakukan bimbingan ibadah haji kepada mereka. Karena Calhaj ini khawatir akan kurangnya pemahaman dalam beribadah nantinya,” ujarnya.

Menurut Padri, pembelajaran singkat saat pelaksanaan manasik haji pada bulan yang berdekatan dengan keberangkatan haji sebenarnya tidak cukup, mengingat ibadah ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin guna menjadi seorang haji yang mabrur.

Manasik haji diselenggarakan bersama dengan Pemkab Bangka melalui Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, yang dalam hal ini dipercayai sebagai pengisi materi kepada para Calhaj tersebut.

Padri menyebutkan, manasik ini akan dilaksanakan sebanyak 11 kali pertemuan terhitung dari tanggal 5 Januari hingga tanggal 9 Februari 2019.

“Kita lakukan manasik ini sebanyak 11 kali pertemuan nantinya, yang dilakukan pada setiap hari Sabtu dan Minggu saja. Terhitung pada hari ini kita lakukan hingga jam 5 sore,” ucapnya.

Sementara, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Zulkarnain Idrus mengatakan, saat ini tahun di Indonesia merupakan tahun politik. Sebagian warga berlomba untuk memperebutkan “kursi” tertinggi di suatu pemerintahan. Sedangkan para peserta Calhaj 2019 ini, sedang memperebutkan kursi di akhirat.

“Sebagian kawan kita yang lain sedang memperebutkan kursi dunia, dan bapak ibu saat ini ingin mendapatkan kedudukan kursi di akhirat nanti, contohnya yaitu menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Ia juga turut mengapresiasi kepada Calhaj yang secara mandiri melakukan kegiatan ini serta bersedia dibimbing. Karena tanpa bimbingan untuk melaksanakan ibadah haji dikhawatirkan ibadah yang dilakukan nanti kurang maksimal.

“Jadi saya doakan, para Calhaj ini menjadi haji yang mabrur. Saya juga minta doa kepada para hadirin, semoga saya bisa melaksanakan ibadah haji juga di tahun yang akan datang,” tutupnya. (m4).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here