Beranda Bangka Usai Didatangi Warga Mabat, Asmawi Tak Jadi Ditahan

Usai Didatangi Warga Mabat, Asmawi Tak Jadi Ditahan

118
BAGIKAN
Puluhan warga Desa Mabat mendatangi Polres Bangka Kamis malam (4/1/2019) setelah salah satu rekannya ditahan. (Foto: Hendry/kabarbabel.com).

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Sejumlah warga Desa Mabat dengan massa hampir 100 orang berkumpul di depan Mapolres Bangka, Kamis malam (3/1/2019). Hal ini dikarenakan, Asmawi selaku pengurus Koperasi Perkebunan Kelapa Sawit (KPKS) Meranti Plasma diamankan Polres Bangka.

Asmawi ditahan terkait dugaan kasus pencurian kelapa sawit di kawasan perkebunan kelapa sawit milik PT THEP.
Massa yang sekitar pukul 20.00 WIB sudah berkumpul di depan pintu gerbang Mapolres Bangka ingin mempertanyakan tentang penahanan Asmawi.

Selama Asmawi menjalani pemeriksaan oleh Satreskrim Polres Bangka, aparat kepolisian melakukan pengamanan ketat pada pintu gerbang terkait aksi warga Mabat.

Dari pantauan kabarbabel.com, salah seorang warga sempat emosi dalam kunjungan di Polres Bangka tersebut. Namun akhirnya aparat polisi berhasil meredam amarah pria yang tidak diketahui namanya dengan dibantu beberapa warga Desa Mabat yang juga tidak ingin kerusuhan terjadi.

“Kita harap situasi ini tetap tenang, karena kita tidak ada masalah dengan pihak polisi, kita hanya minta keadilan, masalah kita hanya kepada PT THEP,” kata seorang warga.

Dalam hal ini, Pengacara Asmawi, yaitu Abdul Jalil mengatakan, dirinya dan warga Desa Mabat ingin agar ada kebijaksanaan dari pihak aparat polisi untuk melihat dengan jernih permasalahan yang dialami warga Desa Mabat ini.

“Saya di sini mendampingi mereka, untuk menyuarakan juga keinginan masyarakat. Kita sangat berharap pihak kepolisian dapat menangani ini dengan bijak,” ucapnya.

Sementara, Kabag Ops Polres Bangka, Kompol S Sophian turut menyampaikan,
Asmawi ditangkap oleh Satreskrim Polres Bangka dengan tuduhan pencurian Kelapa Sawit. Pihak warga Mabat datang untuk mempertanyakan sejauh mana kebenaran informasi ditangkapnya Asmawi dan ingin agar Asmawi tidak ditahan.

“Sampai sekarang Satreskrim kami sedang melakukan pemeriksaan, kita juga belum tahu tindak lanjutnya seperti apa, warga juga nantinya akan saya beri tahu setelah mendapatkan hasilnya,” pungkas Sophian.

Hingga larut malam akhirnya Asmawi tidak dilakukan penahanan oleh Polres Bangka. Warga membubarkan aksinya dengan damai. (m4).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here