Beranda Belitung Angka Lakalantas di Belitung Naik 53 Persen, 25 Orang Tewas dalam 30...

Angka Lakalantas di Belitung Naik 53 Persen, 25 Orang Tewas dalam 30 Kasus Laka

57
BAGIKAN
Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana dan jajarannya mengggelar konfrensi pers akhir tahun, Sabtu (29/12/2018). (Foto: Aldhi/www.kabarbabel.com

TANJUNGPANDAN, KABARBABEL.COM – Sebanyak 25 orang meninggal di jalanan Kabupaten Belitung sepanjang tahun 2018 akibat kecelakaan lalu lintas. Setidaknya jajaran Satlantas Polres Belitung mencatat 30 kasus lakalantas terjadi pada periode yang sama.

Jumlah peristiwa lakalantas ini tercatat naik sebanyak 53 persen dibanding tahun sebelumnya. Menurut catatan kepolisian, pada 2017 hanya terjadi 14 kasus lakalantas dengan korban jiwa sebanyak 16 orang.

Kasus lakalantas yang terjadi sepanjang 2018 menyebabkan 8 orang mengalami luka berat, 10 orang luka ringan dan kerugian material sebanyak Rp 48,5 juta. Sedangkan kasus lakalantas pada 2017 mau 4 orang luka berat dan kerugaian materiil sebesar RP 94,3 juta.

Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, tingginya angka kecelakaan di Kabupaten Belitung disebabkan kurang berhati-hatinya masyarakat dalam berkendara. Diantaranya melanggar rambu lalu lintas seperti menerobos lampu merah dan melawan arus.

Selain itu, kendaraan parkir di badan jalan juga menjadi catatan pihak kepolisian. Pasalnya beberapa kasus lakalantas terjadi karena pengendara menabrak kendaraan terparkir. Rata-rata, penabrak dalam kondisi mabuk pada saat berkendara.

“Kenaikan sebesar 50 persen lebih dibandingkan sebelumnya. Kita akan mencari solusi untuk menekan angka laka lantas di Belitung pada tahun 2019 mendatang,” ujar AKBP Yudhis pada saat konfrensi pers, Sabtu (29/12/2018).

Yudhis meminta jajaran Satlantas Polres Belitung menggelar sosialisasi tentang keselamatan berkendara untuk menekan tingginya angka lakalantas. Selain itu juga penindakan tegas terhadap para pengendara yang tidak mentaati peraturan lalulintas.

“Kami juga sudah mulai membuat pos pantau, di setiap titik-titik terjadinya rawan laka lantas di Kabupaten Belitung. Saat ini yang sudah berjalan di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan,” pungkasnya. (als)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here