Beranda Bangka Syahbudin: Penyandang Disabilitas Wajib Memperoleh Pekerjaan

Syahbudin: Penyandang Disabilitas Wajib Memperoleh Pekerjaan

57
BAGIKAN

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Penyandang disabilitas berhak memperoleh pekerjaan, agar mendapat kesejahteraan sosial yang layak. Pernyataan ini dikatakan Wakil Bupati Bangka, Syahbudin dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2018 di Sungailiat.

Ia mengatakan penyandang disabilitas merupakan sumber daya manusia yang berpotensial. Hal tersebut mencerminkan bahwa negara menjamin kebutuhan hak dasar seluruh masyarakat, termasuk dalam memperoleh pekerjaan.

“Mereka perlu diberi kesempatan seluas-luasnya, untuk berkembang dan mengaktualisasi diri dalam kehidupan, salah satunya dalam bekerja,” ungkap Syahbudin di halaman Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes), Senin (3/11/2018).

Syahbudin menuturkan, hak penyandang disabilitas dalam mendapatkan perlindungan kesempatan kerja telah diakui dalam Undang-Undang nomor 13 tahun 2003, tentang ketenagakerjaan, dan Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Nomor 12 tahun 2017, tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

“Keterlibatan para penyandang disabilitas ada dampak positif dalam pengurangan angka kemiskinan kita di Indonesia. Mereka juga perlu mendapatkan persamaan, perlakuan, dan pelayanan hidup seperti masyarakat umumnya,” tukasnya.

Syahbudin juga menegaskan pemerintah dan dunia usaha harus turut berperan aktif dalam penanganan masalah penyandang disabilitas ini agar dapat meningkatkan kegiatan sosial para penyandang disabilitas.

“Kita harus peduli kepada sesama yang memiliki keterbatasan tertentu, serta diperlukan semangat kebersamaan yang kuat terhadap mereka semua, itu yang harus kita tanamkan,” ujarnya.

Ia berharap dapat mewujudkan kesejahteraan yang nyata melalui pemberdayaan penyandang disabilitas pada segala kehidupan.

“Saya berharap kedepan, baik pemerintah maupun masyarakat berperan aktif dalam menangani masalah penyandang disabilitas seperti ini,” tutupnya. (m4).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here