Beranda Bangka Stok Sayur di Pasar Higienis Air Ruai Kurang Akibat Hujan

Stok Sayur di Pasar Higienis Air Ruai Kurang Akibat Hujan

62
BAGIKAN

PEMALI, www.kabarbabel.com – Sayur lokal yang dijual oleh pedagang Pasar Higienis Air Ruai mengalami kekurangan stok penjualan. Hal ini diakibatkan hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Bangka hingga hari ini, Sabtu (1/12/2018).

Salah satu pedagang sayur di Pasar Higienis, Philip, mengeluh, cuaca hujan mengakibatkan stok dagangannya kurang karena petani sayur yang gagal panen

“Sayur – sayuran ini banyak gagal sehingga daunnya jadi rusak. Karena saya dapat informasi bahwa air yang membanjiri lahan pertanian itu mengakibatkan petani sayur nggak bisa nyemprot, makanya banyak yang layu dan rusak,” ungkapnya.

Ia mengatakan sayuran yang dijualnya terbilang tidak lengkap. Setiap harinya cuma 3 jenis sayur yang ada didagangannya, seperti bayam, kangkung dan sawi.

“Paling yang ada terus itu sayur bayam, kangkung, dan sawi, sedangkan sayur organik lainnya dan sayur sawi pahit agak kurang,” tukasnya.

Dampak cuaca seperti ini kata philips, untuk membeli sayur dari petani pun mahal. Contohnya Sawi yang dari harga Rp. 8.000,- per kilogram (kg) sekarang naik menjadi Rp. 12.000,- per kg. Sehingga ia terpaksa menjual dengan kisaran harga Rp. 16.000,- per kg.

“Sawi juga lumayan mahal. Karena saya beli ke tengkulak saja Rp. 12.000,- per kg ngambilnya, padahal itu sudah tangan pertama dari tengkulak yang langsung ambil di kebun terus dijual ke pasar,” imbuhnya.

Philips kedepan berharap agar penjualan sayur didagangannya lengkap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen. (m4).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here