Beranda Olahraga Timnas U19 Gagal di AFC 2018

Timnas U19 Gagal di AFC 2018

13
BAGIKAN
Bola, www.kabarbabel.com – Tim nasional (timnas) sepakbola Jepang U-19 mengubur mimpi Timnas U-19 Indonesia ke Piala Dunia U-20 2019.
         Pada pertandingan perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 28 Oktober, Jepang mengalahkan Timnas U-19 dengan skor 2-0. Gol kedua Jepang dicetak pada babak kedua menit ke-70 oleh Taisei Miyashiro.
          Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia tertinggal 0-1 dari Jepang pada babak pertama perempat final Piala U-19 Asia 2018. Gol Jepang datang dari kaki bek Sunki Higashi di menit ke-40.

          Indonesia, yang bermain tanpa gelandang andalan Egy Maulana Vikri, tampil bertahan dalam pertandingan tersebut. Pelatih skuad berjuluk Garuda Nusantara, Indra Sjafri, menurunkan lima bek sekaligus di depan penjaga gawang Muhamad Riyandi.

Dengan strategi itu, Indonesia hanya mengandalkan serangan balik melalui kecepatan Witan Sulaeman, Saddil Ramdani ataupun Hanis Saghara.

Jepang yang mendominasi pertandingan bermain cukup tenang dengan umpan-umpan terukur. Para pemain asuhan pelatih Masanaga Kageyama tak mudah kehilangan bola di wilayah pertahanan Indonesia.

Samurai Biru mampu mengejutkan Indonesia pada menit ke-11 kala bek Daiki Hashioka menceploskan bola ke gawang Muhamad Riyandi. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit Moud Bonyadifard dari Iran karena Daiki berdiri dalam posisi offside.

Indonesia yang terus berada di bawah gempuran pemain Jepang sesekali dapat menghasilkan peluang berbahaya. Salah satunya dari tendangan Saddil Ramdani pada menit ke-36 yang hanya menerpa jaring luar gawang.

Terus menekan, gol Jepang akhirnya datang pada menit ke-40 setelah bola hasil tendangan keras kaki kiri bek Shunki Higashi menghujam gawang Muhamad Riyandi. Tak ada gol tambahan lain setelahnya. Skor 1-0 untuk keunggulan Jepang menjadi akhir dari babak pertama.

Memasuki babak kedua, pertandingan harus sedikit terganggu dengan guyuran hujan. Namun, situasi itu justru tidak memengaruhi semangat para pemain Indonesia. Mereka justru mampu tampil makin agresif.

Kans diciptakan Indonesia pada menit ke-52. Ketika itu, Lutfhi Kamal melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola masih menyamping dari sisi kanan gawang Jepang.

Ancaman kembali dibuat Indonesia. Tepatnya pada menit ke-65, Indonesia mengancam lewat Witan setelah mendapatkan umpan terobosan dari Saddil. Hanya saja, upayanya gagal membuahkan hasil.

Giliran Asnawi Bahar mengancam Jepang. Pergerakannya cukup membuat para lini bertahan Jepang panik. Hingga akhirnya, ia dilanggar oleh bek Jepang Yuki Kobayashi di depan garis luar kotak penalti. Indonesia mendapat kans tendangan bebas.

Saddil mencoba mengeksekusi tendangan bebas. Namun, tembakannya masih bisa ditepis kiper Jepang Kosei Tani.

Saat mampu mendominasi pertandingan, mereka justru kecolongan pada menit ke-71 setelah gawang dibobol oleh Taisei Miyashiro. Memanfaatkan skema serangan balik, ia menembus kotak penalti Indonesia setelah mendapatkan umpan di dalam kotak. Kemudian, ia melepaskan tendangan ke dalam gawang dengan tenang.

Jepang makin agresif meski sudah unggul dua gol. Sejumlah peluang diciptakan mereka melalui Kyosuke Tagawa, Saito, dan Miyashiro. Namun, tidak ada upaya mereka yang berbuah maksimal.

Jelang sepuluh menit terakhir, Indonesia berupaya meningkatkan tempo permainan. Beberapa kali, mereka mengancam gawang Jepang lewat pergerakan Firza Andika dan Witan. Sayangnya, upaya mereka juga tidak mampu memberikan gol untuk Indonesia.

Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan tercipta. Jepang memastikan kemenangan atas Indonesia dengan skor 2-0.

Hasil ini membuat Indonesia gagal lolos ke semifinal. Itu artinya, mereka juga gagal mewujudkan ambisi untuk tampil di Piala Dunia U-20.

Susunan Pemain:

Timnas U-19 Jepang: Tani Kosei, Shunki Higashi, Yuki Kobayashi, Hashioka Daiki, Sugawara Yukinari, Mitsuki Saito (kapten), Ito Hiroki, Kanya Fujimoto ( Koki Saito 16), Takefusa Kubo, Hiroki Abe, Taisei Miyashiro.

Timnas U-19 Indonesia: Muhamad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Kadek Raditya, Rachmat Irianto (kapten), Indra Mustafa, Firza Andika, Muhammad Luthfi, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Hanis Saghara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here