Beranda Bangka Aplikasi “Si Rebung” Diminati Kabupaten

Aplikasi “Si Rebung” Diminati Kabupaten

16
BAGIKAN

Puding Besar, www.kabarbabel.com – Pasca diluncurkan sebagai aplikasi tingkat kecamatan, aplikasi “Si Rebung ” atau Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Desa diharap diterapkan hingga level kabupaten dan provinsi. Aplikasi ini dianggap bisa menjawab tuntutan zaman yang sudah dalam era teknologi tinggi dan serba cepat.

“Mudah-mudahan aplikasi ini tidak hanya diterapkan di Kecamatan Puding Besar, tetapi juga di Kabupaten Bangka melalu Bapeda,” kata Camat Puding Besar, M. Nursi saat launching aplikasi Si Rebung Desa tingkat Kecamatan Puding Besar, Selasa (23/10/2018).

Ia juga meminta agar para kepala desa dan BPD dapat memanfaatkan teknologi yang ada dalam zaman dengan kemajuan teknologi ini.

Teknologi tersebut dinilai membuat lebih mudah dalam pelayanan, dan menuntut semua pihak khususnya warga untuk lebih responsif mengikuti pembangunan desa.

“Ini bisa memuat tentang perencanaan pembangunan untuk menghimpun data musrenbang desa. Aplikasi ini mudah – mudahan bermanfaat bagi Kecamatan Puding Besar, kalau memungkinkan ini bisa dimanfaatkan juga untuk di tingkat kabupaten,” tukasnya.

Ketua BPD Kotawaringin, Sarkawi menilai aplikasi Si Rebung desa sebagai aplikasi positif untuk menunjang pembangunan dalam hal menyikapi kemajuan zaman yang membutuhkan kecepatan informasi. Aplikasi Si Rebung desa dianggap membantu perencanaan pembangunan desa di era sekarang.

“Kita harap aplikasi ini tidak hanya dikembangkan di Kecamatan atau Desa saja tetapi juga sampai kabupaten dan provinsi,” kata Sarkawi.

“Adanya Si Rebung Desa membantu kita menginformasikan perencanaan pembangunan dengan lebih instan dan transparan. Aplikasi ini kita harap tidak hanya di sini saja tetapi bisa digunakan di kabupaten Bangka, hingga di Provinsi Babel,” harap Sarkawi

Sementara itu, administrator Si Rebung Desa dari Desa Puding Besar mengatakan, pelaksanaan pembangunan bisa berkembang dengan fungsinya. Sehingga kedepan perencanaan pembangunan desa bisa dilihat lebih luas oleh masyarakat secara online.

“Khususnya bagi masyarakat Puding Besar,” sebutnya.

Inisiator Si Rebung Desa, Syarli Nopriansyah yang juga Sekretaris Kecamatan Puding Besar, mengatakan aplikasi Si Rebung Desa sebagai aplikasi berbasis web yang membantu desa dan kecamatan dalam menyusun dan mengarsipkan secara digital data perencanaan di desa. Si Rebung desa untuk membantu meningkatkan kinerja sehingga baik desa maupun kecamatan akan memiliki arsip digital.

“Arsip digital yang bisa dibuka kapan saja, begitu juga masyarakat dapat mengetahui secara langsung dengan membuka web ini. Apa yang direncanakan desa dalam pembangunan, baik itu Visi Misi, RPJMDes, RKPDes dan RAPBdes,” kata Syarli Nopriansyah.

Si Rebung Desa diharap bisa ikut sama-sama membantu mengingatkan dan mengawasi desa dalam merencanakan pembangunan di desa. Proses perencanaan sebagai tahapan pertama dan terpenting dalam sebuah pembangunan sehingga perlu diketahui khalayak banyak dengan publikasi lewat Si Rebung Desa.

“Ini untuk menghindari ”perencanaan yang gagal, karena sama dengan merencanakan kegagalan’, dan ini juga salah satu terobosan dalam mewujudkan Misi pertama Bangka Setara yaitu Terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih Berbasis Teknologi Informasi,” tukas pria yang menjabat Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka ini.

“Mudah-mudahan aplikasi ini bermanfaat bagi masyarakat, bermanfaat bagi pembangunan Kabupaten Bangka, sama-sama mari kita dukung Bangka Setara melalui Penyelenggaraan Pemerintahan yang bersih berbasis teknologi informasi,” harapnya. (*/kbc)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here