Beranda Nasional Gempa 7,7 SR Guncang Donggala, Terasa Sampai Kalimantan

Gempa 7,7 SR Guncang Donggala, Terasa Sampai Kalimantan

23
BAGIKAN

Sulteng, www.kabarbabel.com – Gempa berkekuatan 7,7 skala richter mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah sekitar pukul 17.02 WITA. Berdasarkan data sementara dari BPBD Donggala, dikabarkan 1 orang meninggal dan 10 orang luka-luka.

“Data sementara dari BPBD Kabupaten Donggala tercatat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak. Korban tertimpa oleh bangunan yang roboh,” tulis BNPB melalui akun twitter @BNPB-Indonesia, Jumat (28/9/2018).

Gempa juga menyebabkan puluhan rumah rusak. BNPB menyebut gempa paling terasa terjadi di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala karena dekat dengan pusat gempa.

BMKG bahkan merilis gempa berpotensi tsunami. Meski peringatan tsunami sudah dicabut BMKG, dari video yang beredar diketahui bahwa air laut sampai meluap hingga ratusan meter ke daratan dari pinggir pantai daerah setempat. Warga berlarian dan panik, teriakan takbir terdengar dari video.

Selain itu, beberapa saat usai gempa kondisi di daerah ini sempat terjadi pemadaman aliran listrik. Padahal saat itu tengah memasuki waktu Maghrib.

Beberapa gempa susulan masih terjadi hingga berita ini diturunkan.

Gempa juga dirasakan sampai ke daerah Mamuju, Palu, juga Kalimantan Timur.

Pihak terkait masih berupaya melakukan evakuasi korban. Juga mendata kerusakan akibat gempa dahsyat ini, termasuk korban luka-luka. (*/kbc)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here