Beranda Nasional Jokowi Pilih Ma’ruf Amin, Prabowo Gandeng Sandiaga Uno

Jokowi Pilih Ma’ruf Amin, Prabowo Gandeng Sandiaga Uno

11
BAGIKAN

JAKARTA, www.kabarbabel.com – Calon presiden petahana Joko Widodoo (Jokowi) akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Ketua MUI, Prof. KH Ma’ruf Amin untuk mendampinginya maju di Pilpres 2019.

Ma’ruf Amin dianggap sebagai tokoh bangsa yang telah menduduki sejumlah posisi penting di lembaga negara, mulai DPR hingga Wantimpres.

Keputusan ini sempat membuat kaget publik yang sebelumnya menduga Mahfud MD yang dipilih Jokowi.

“Kami saling melengkapi, nasionalis-religius,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) malam.

“Ma’ruf Amin, lahir di 11 Maret 1943, adalah sosok sebagai tokoh agama yang bijaksana. Beliau duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam NU, dan Ketua MUI, Majelis Ulama Indonesia,” imbuhnya.

“Dalam kaitannya dengan kebinekaan, Prof Dr KH Ma’ruf Amin saat ini menjabat sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila”.

Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj menilai pasangan itu ideal dan tidak diragukan.

“Ini merupakan pasangan ideal, menunjukkan pasangan nasionalis-religius dan tidak diragukan lagi,” ucap Said Aqil saat jumpa pers di kantor PBNU, Jalan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018), seperti dilansir detikcom.

“KH Ma’ruf Amin cucu dan keturunan ulama besar. Beliau murid KH Hasyim Asy’ari dan KH Idris dan beliau kader NU sejak muda,” tambahnya.

Jokowi – Amin mendaftarkan diri ke KPU, sebelum shalat Jumat. Pasangan ini diusung dan didukung 9 parpol, yakni PDIP, Partai Nasdem, PPP, PKB, Golkar, Hanura, Perindo, PKPI dan PSI.

Sementara, Capres Prabowo Subianto akhirnya menggandeng Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebagai Cawapres, mendampinginya di Pilpres 2019.

Pengumuman nama Sandiaga dilakukan Prabowo di kediamannya sekitar pukul 23:30 wib.

Sebelum penetapan nama Sandiaga, muncul nama putera Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), juga nama Salim Segaf Al-Jufri dan Ustadz Abdul Somad.

Majunya Prabowo diusung oleh Gerindra, PAN, PKS. Menyusul sebelum pendaftaran keduanya, partai Demokrat ikut mengusung Prabowo-Sandi ke KPU, Jumat siang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here