Beranda Bangka Surga Tersembunyi di Dusun Tuing

Surga Tersembunyi di Dusun Tuing

1466
BAGIKAN
Pemandangan di puncak Bukit Tuing. (m3)

RIAU SILIP, www.kabarbabel.com – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) UBB Dusun Tuing 2018 melakukan survei lapangan untuk pengembangan sektor pariwisata Dusun Tuing, Desa Mapur kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Sabtu, (21/7/2018)

Ketua Tim KKN UBB Dusun Tuing, Sudarto mengatakan bahwa pihaknya melihat Dusun Tuing sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata baru, baik pada keindahan hutan maupun lautannya.

“Pengembangan Sektor Pariwisata ialah salah satu Program kerja KKN UBB Dusun Tuing untuk mengangkat konsep perintisan destinasi wisata baru, yakni pembuatan jalur pendakian Bukit Tuing yang diabrengi pembuatan spot foto untuk wisatawan yang mendaki, mengenalkan sekaligus mengembangkan destinasi wisata bawah laut di pulau punggur sebagai area snorkling serta merintis pojok literasi Dusun Tuing tuing untuk meningkatkan minat baca bagi para pemuda di Dusun Tuing,” ungkap Darto.

Lanjutnya, Program tersebut dilakukan dalam rangka untuk melakukan pemberdayaan masyarakat Dusun Tuing khususnya para pemuda pemudinya yang tergabung dalam Komunitas Peduli Lingkungan (KPL).

Sementara itu, Ketua kordinator bidang pariwisata KKN Dusun Tuing, Joni Iskandar mengatakan Dusun Tuing ini memiliki potensi besar untuk pengembangan destinasi wisata baru.

Namun sayangnya, pengembangan sektor pariwisata di daerah ini masih terkendala karna tidak adanya kordinir yang dilakukan secara langsung terhadap para masyarakat disini khususnya terhadap para pemuda dan pemudi nya.

“Untuk itu, kami akan melakukan tahap sosialisasi terlebih dahulu kepada para masyarakat disini agar bisa memberikan arahan bagi mereka dalam pembentukan konsep destinasi wisata di tuing ini,” ujar Joni.

Disisi lain, Ketua Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) Dusun Tuing, Ogif Ogasi mengatakan sangat menyambut baik dan mendukung penuh akan program kerja pembentukan destinasi wisata baru yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UBB 2018 ini.

“Kami para pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) Dusun Tuing siap membantu untuk pelaksanaan program pembentukan destinasi wisata baru, seperti pendakian bukit tuing dan wisata bawah laut di pulau punggur. Kami juga berharap kedepannya Dusun Tuing bisa dikenal dan lebih maju kedepannya karena potensi pariwisata yang dimiliki,” harap Ogif. (m3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here