Beranda Pangkalpinang Koperasi Didorong Optimalkan Teknologi Digital

Koperasi Didorong Optimalkan Teknologi Digital

59
BAGIKAN
PANGKALPINANG, www.kabarbabel.com – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Budiman Ginting, mewakili Gubernur Babel Erzaldi Rosman, memimpin Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke -71 yang diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Babel, di Air Itam Pangkalpinang.
       Upacara yang berlangsung sederhana itu, selain diiikuti para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, Pelaksana dan Jabatan Fungsional Tertentu, juga diikuti Perwakilan Koperasi di Babel.
       Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Budiman Ginting mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM terus mendorong upaya pemanfaatan dan optimalisasi pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku bisnis koperasi dan UMKM, sehingga Gerakan Koperasi Indonesia dapat memanfaatkan teknologi digital.
       Saat ini, disampaikan Budiman, jumlah koperasi aktif sebanyak 152.714 unit, sedangkan koperasi yang telah melaksanakan rapat anggota tahunan sebanyak 80.080 unit dengan jumlah anggotanya 26.805.924 orang total likuiditas atau modal koperasi sendiri mencapai 165,88 triliun, dan modal yang berasal dari luar sebesar 28 , 23 triliun.
       Koperasi, lanjut Menteri, memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian nasional. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang telah diolah, diperkirakan kontribusi koperasi terhadap PDB Nasional pada tahun 2016 mencapai 3,99%, tahun 2017 diperkirakan kontribusi koperasi terhadap PDB Nasional sebesar 4,48% atau meningkat sebesar 0,49%.
       Lanjut Menteri, kondisi koperasi Indonesia akan semakin berdaya saing dan maju apabila mampu menerapkan prinsip koperasi secara konsisten dan mengikuti kaidah umum dalam dunia bisnis. Selain itu, diperlukan pula sinergi dan kolaborasi pemerintah pusat dan daerah bersama seluruh stakeholder dalam pemberdayaan koperasi.
       Ditambahknnya, upaya strategis pemerintah dalam pengembangan koperasi yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UMKM saat ini, melalui program reformasi total koperasi yaitu rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan koperasi.
       Pada Tahun 2018, pemerintah dapat membantu mengatasi masalah koperasi khususnya dalam bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sementara, untuk pengembangan produksi pemasaran dan permodalan koperasi, pemerintah akan lebih intensif menjalin hubungan dengan pemerintah tingkat Provinsi, Kabupaten/ Kota.
       Dalam Upacara Peringatan Hari Koperasi ke-71 yang mengusung tema “Penguatan Koperasi dalam Mendorong Pertumbuhan Nasional yang Selaras dengan Perkembangan Zaman” tersebut, Budiman juga menyampaikan harapan pemerintah, agar terjadi sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh Gerakan Koperasi dan Pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan peranannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional. (m3 ).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here