Beranda Pangkalpinang Usman Kansong Jelaskan Etika Jurnalistik Pertambangan

Usman Kansong Jelaskan Etika Jurnalistik Pertambangan

39
BAGIKAN

PANGKALPINANG – www.kabarbabel.com- Selain menghadirkan praktisi pertimahan, Panitia workshop juga menghadirkan Direktur pemberitaan Media Massa Usman Kansong yang memberikan materi Etika Jurnalisme Tambang. Usman Kansong pernah diundang perusahaan tambang di Kalimantan dann PT Freeport untuk mengenal industri pertambangan yang sangat penting bagi perekonomian, namun tetap ramah lingkungan.

Pelaporan jurnalistik eksplorasi pertambangan ini sering kali terjadi seperti tanpa konfirmasi, menjudge, kurang penggalian dan kurang kritis narasumber, termasuk penyajian informasi berupa berita atau berupa advertorial. Peliputan pertambangan ini memang berada pada dua kepentingan,ekonomi dan lingkungan sehingga seorang jurnalis harus bijak dan proporsional jangan sampai merugikan lingkungan.

“Jurnalis harus memenuhi kaidah etika jurnalitistik yang bermuatan verifikasi, konfirmasi, berimbang, kritis dan membedakan antara opini dan fakta. Bisa membedakan antara berita dan advertorial. Sehingga terbentuk peliputan yang mendorong industri pertambangan berwawasan lingkungan,” kata Usman Kansong. (dei).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here