Beranda Utama Rumah Baca Akar Gapabel Siap Dilaunching

Rumah Baca Akar Gapabel Siap Dilaunching

132
BAGIKAN

TANJUNGPANDAN, www.kabarbabel.com – Mendirikan perpustakaan mungkin sudah biasa dan banyak. Kali ini, rumah baca dengan sejumlah keunikan tengah digarap dan Minggu ini akan opening yaitu rumah baca akar Gapabel yang dikelola oleh gabungan pecinta alam Belitong.

Tempat bernama Rumah Baca akar Gapabel yang mengedepankan konsep berbasis alam dan lingkungan jadi selain di ajak untuk mencintai budaya membaca mereka juga akan diajak untuk berpartisipasi dalam menjaga alam dan lingkungan sejak dini. Biar suatu saat mereka jadi generasi yang berbudaya, pintar dan peduli terhadap alam dan lingkungan.

Kabid rumah baca akar Gapabel yaitu Dita atau lebih sering dipanggil kak Dita mengatakan bahwa konsep rumah baca akar Gapabel ini unik selain tempat yang juga asri anak-anak akan diajarkan cara hidup yang berwawasan lingkungan mulai dari tidak membuang sampah sampai memanfaatkan sampah sebagai media kerajinan tangan.

“Jadi, ini bukan sebatas membangkitkan gemar membaca masyarakat terutama anak-anak dan remaja, tetapi diharapkan meningkatkan peran serta warga juga untuk peduli terhadap lingkungan sekitar,” terangnya.

Dan hal ini dibenarkan oleh ketua Gapabel yaitu saudara Pifin alias Tilenk bahwa rumah baca akar Gapabel ini diarahkan bisa jadi tempat kumpul anak muda menuju ke arah yang positif serta mengajarkan arti pentingnya membaca sebagai jendela ilmu. Sehingga suatu saat tidak gampang dibodohi oleh orang-orang, dan yang tak kalah penting bahwa anak-anak adalah kader-kader penjaga alam dan lingkungan Belitong suatu saat.

Rumah baca akar gapabel juga terhubung dengan yayasan akar Indonesia dan rumah baca akar lainnya yang hampir ada di setiap propinsi. Bergerak di dunia literasi dan penyadaran masyarakat dalam menghargai buku sebagai jendela dunia, oleh karena itu setiap tanggal 17 tiap bulannya selalu didrop buku dari Jakarta.

“Karena banyak anak yang kesulitan membeli buku, maka mereka drop buku-buku di sini agar mereka gemar membaca dan menambah pengetahuan,” kata Tilenk.

Saat ini rumah baca akar Gapabel sudah mempunyai koleksi lebih dari seribu buku yang terdiri dari banyak tema mulai dari buku pelajaran, ilmu pengetahuan, agama, teknologi, budaya dan lain-lain. Pihaknya berharap besar koleksi rumah baca akar bertambah lagi dengan bantuan dari pihak yang ingin menyumbangkan buku.

Dalam waktu dekat tepatnya hari Minggu tanggal 4 Maret 2018 rumah baca akar Gapabel akan dibuka untuk umum dengan mengadakan acara opening rumah baca akar Gapabel. Sekaligus akan diadakan beberapa lomba untuk anak SD dan SMP seperti menulis surat kepada presiden tentang lingkungan belitong, kemudian lomba mewarnai, lomba bercerita dengan suara lantang serta akan data penyuluhan pentingnya kesehatan gigi.

Termasuk juga akan diisi seminar oleh founder yayasan karya Indonesia serta black house library tentang meminimalisir dampak penggunaan HP, smartphone dan meningkatkan minat baca dikalangan pelajar oleh Nury sibly yang juga seorang jurnalis. (kbc).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here