Beranda Utama 60 Persen Hutan di Babel Rusak Parah

60 Persen Hutan di Babel Rusak Parah

69
BAGIKAN
Marwan, Kepala Dinas Kehutanan Babel. (kbc)

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – ‎60 persen hutan yang ada di Bangka Belitung dalam kondisi rusak parah. Kerusakan sebagian besar akibat dari aktivitas penambangan ilegal, perambah hutan serta perkebunan sawit ilegal.

“Datanya secara pasti belum saya dapatkan, tapi sekitar 60 persen rusak semua hutan kita ini,” demikian Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Marwan, di Sungailiat, Senin (25/2/2018) siang.

Sebagai langkah awal, ujar Marwan, Dishut akan meningkatkan pengawasan dengan melakukan patroli rutin di kawasan hutan yang rusak.

“Seperti yang kita lakukan kemarin dengan melakukan patroli di Air Anyir. Disana ada 8 unit TI, kita hentikan karena menambang didalam kawasan hutan lindung,” ungkapnya.

Selain itu, Polhut bersama Tim Gakkum KLHK menangkap 4 orang penambang yang menambang di hutan Mangkol dan sudah dititipkan di Rutan Polda Babel.

“Itu bentuk keseriusan kita sekarang dalam rangka mengamankan hutan lindung yang menjadi prioritas Gubernur yang memerintahkan kita untuk segera menyelamatkan kawasan hutan yang ada di Babel,” tukasnya.

“Yang jelas, hutan lindung ini sudah banyak dirambah, seperti yang ada di sepanjang Rebo hingga Matras, itu hutan lindung semua dan dirambah oleh penambang,” beber Marwan.

Tak mau kecolongan, pihaknya melalui Polhut yang ada secara rutin akan melakukan giat patroli disejumlah kawasan hutan yang menjadi target para pelaku perambah hutan.

“‎Kalau kita temukan hal itu maka akan kita pidanakan mereka,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here