Beranda Belitung Tokopedia-Kabupaten Belitung Luncurkan Laman UMKM Belitung Go Digital

Tokopedia-Kabupaten Belitung Luncurkan Laman UMKM Belitung Go Digital

230
BAGIKAN
COO Tokopedia dan Wabup Kabupaten Belitung Erwandi Rani usai peluncuran laman khusus untuk pemasaran UMKM Belitung di Web Belanja Online Tokopedia, Sabtu (9/10/2017) di Hotel BW Suite Tanjungpandan. (Foto:Pifin Heriyanto-www.kabarbabel.com).

TANGJUNGPANDAN, www.kabarbabel.com – Setelah berhasil meluncurkan laman kota Bandung, Semarang, Jakarta dan Palembang, Tokopedia bersama pemerintah kabupaten Belitung menginisiasi adanya laman kabupaten Belitung.

Penandatangan nota kesepahaman adanya halaman khusus bagi UMKM asal kabupaten Belitung yang terintegrasi langsung dengan Tokopedia ini dilakukan di BW suite Belitung oleh Wakil Bupati Belitung Erwandi dan COO Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, dilaksanakan oleh Dirjen Aplikasi Informatika pada Sabtu ( 9/12/2017 ).

Erwandi yang ditemui usai acara mengungkapkan kerjasama ini merupakan langkah terobosan positif yang dilakukan Pemkab Belitung untuk membantu pemasaran produk UMKM pada skala nasional.

“Supaya siapa pun dan dari manapun dapat membeli produk UMKM Belitung,” kata Erwandi.

COO Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengatakan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi hingga 58% terhadap GDP Indonesia. Namun kebanyakan masih offline, padahal saat ini ada lebih dari 100 juta pengguna internet di Indonesia yang menjadi pasar sangat menjanjikan.

“UMKM yang belum Goes online bukan sekedar membutuhkan akses ke pasar. Hal yang tidak kalah penting adalah pelatihan sehingga produk memiliki daya saing, akses ke infrastruktur dan tidak jarang akses ke permodalan. Kerjasama dengan pemerintah kabupaten Belitung inilah yang akan menjadi solusi hulu ke hilir,” ujar Leon.

Laman kota/kabupaten sendiri merupakan sebuah inisiatif yang dilakukan oleh Tokopedia untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital, sekaligus menunjang misi presiden Jokowi dalam mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020, dengan target potensi pasar sebesar 130 miliar USD.

“Inisiasi laman kota/kabupaten ini bersinergi dengan berbagai program pemerintah, seperti program program ekonomi inklusif yang di gagas oleh kementerian koordinasi bidang perekonomian dan program 8 juta UMKM Go online yang di galakkan oleh kementerian komunikasi dan informatika Republik Indonesia, ” kata Leon.

Leon disisi lain menegaskan bahwa kerja sama ini hanyalah permulaan dari masa depan open government yang transparan, cashless society yang penuh kemudahan, serta smart city yang berbasis big data. Leon membayangkan bagaimana subsidi-subsidi dari pemerintah setempat bisa dimonitor secara real time atau kemudahan hidup yang bersifat cashless society dimana pembayaran SIM ,tilang, uang sekolah, biaya pembuatan passport, uang keamanan dan sebagainya bisa dilakukan secara online dimana saja kapan saja. Sehingga pemanfaatan big data dari transaksi jual beli online yang terjadi di wilayah ini dalam pengambilan kebijakan yang lebih tepat sasaran.

” Lewat big data yang dimiliki oleh Tokopedia , pemerintah kabupaten Belitung bisa menganalisa produk-produk asal Belitung apa yang diminati dari seluruh Indonesia , demikian juga apa yang diminati oleh masyarakat Belitung. Hal ini bisa membantu pengambilan keputusan , misalnya untuk mendorong sektor-sektor industri kecil menengah yang bisa mengurangi ketergantungan kabupaten Belitung terhadap produk impor atau inisiatif lainnya yang mendukung perkembangan UMKM, sekaligus mendorong ekonomi inklusif,” tutupnya.

Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Kemenkominfo Septriana Tangkary mengatakan, selain mengimplementasikan visi Presiden RI Joko Widodo dalam menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia. Program UMKM Go online bertujuan untuk mendukung proses transformasi UMKM menuju era digital.

“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam program ini antara lain kegiatan Go online mingguan bersama marketplace, salah satunya Tokopedia, dan Dinas UMKM dan Kominfo di tingkat kabupaten/kota, serta Expo berkolaborasi dengan kegiatan kesadaran e-commerce,” ujarnya.(fin).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here