Beranda Utama Nelayan Tembaki KIP Kamilah dengan Kembang Api

Nelayan Tembaki KIP Kamilah dengan Kembang Api

100
BAGIKAN

www.kabarbabel.com – Ada reaksi atas pernyataan Gubernur Bangka Belitung yang akan menarik KIP Kamilah, namun belum jelas kapan akan melakukan penarikan kapal isap produksi KIP KAMILAH ke luar dari perairan Belitong. Aliansi Nelayan Belitong pun melakukan aksi penembakan kembang api ke KIP Kamilah, Sabtu malam (18/8/2017).

Aksi usai berdialog dengan masyarakat Pesisir Pering lalu dilakukan penembakan kembang api di Pesisir Pantai Pering, Desa Mayang, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur. Hal ini dianggap sebagai reaksi atas kekecewaan aktivitas kapal isap dan pernyataan gubernur yang belum memihak rakyat.

“Ini adalah salah satu bentuk pressure (penekanan, red) jika Senin nanti, 20 Nov 2017 belum ditarik dari Perairan Laut Pering maka akan ada aksi yang lebih tegas lagi,” tegas Pifin selaku Ketua Gabungan Pecinta Alam Belitong (Gapabel) sekaligus eksekutor penembakan kembang api.

Pria yang akrab disapa Tilenk ini menyatakan, kembang api diarahkan ke laut, tepat ke arah koordinat KIP Kamilah. Meskipun dalam jarak jauh, nelayan yang juga ikut hadir berharap pihak KIP memahami bahwa ini adalah sebagai bentuk peringatan rakyat terhadap tambang laut, bahkan simbol pernyataan perang terhadap kapal isap.

Aksi juga merupakan wujud kekesalan Aliansi Nelayan Belitong terhadap beroperasinya KIP Kamilah yang sudah membuat mata pencaharian mereka berkurang.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias saat bersama-sama melakukan aksi penembakan kembang api,” pungkasnya. (vna/kbc).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here