Beranda Utama Gembong Narkoba asal Muntok Divonis Hukuman Seumur Hidup

Gembong Narkoba asal Muntok Divonis Hukuman Seumur Hidup

41
BAGIKAN

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Untuk yang pertama kalinya Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat menjatuhkan vonis hukuman penjara seumur hidup kepada terdakwa penyalahguna Narkotika. Ketua PN Sungailiat, Sarah Louis Simanjuntak didampingi Humas PN Sungailiat, Jhon Paul mangunsong dan Narendra mengatakan, selama bertugas di PN Sungailiat, untuk yang pertama kalinya vonis pidana penjara seumur hidup dijatuhkan kepada terdakwa narkotika.

“Terdakwa itu atas nama Gunawan alias Aguan warga Muntok yang divonis seumur hidup Kamis (12/10/2017) kemarin,” ujarnya kepada awak media, Jumat (13/10/2017).

Dikatakannya, vonis pidana penjara seumur hidup yang diberikan kepada bandar narkoba asal Muntok Kabupaten Bangka Barat tersebut atas pertimbangan dan fakta-fakta yang tertuang dalam persidangan.
Kemudian berdasarkan undang-undang dalam perkara tersebut dan pertimbangan hakim serta hasil musyawarah hakim.

“Terdakwa akhirnya divonis penjara seumur hidup,” katanya.

Ditambahkan dia, vonis pidana penjara seumur hidup yang dijatuhkan kepada terdakwa dianggap layak diberikan mengingat perbuatan terdakwa ini sudah merusak generasi penerus bangsa. Saat amar putusan dibacakan, kata Sarah terdakwa menerima vonis penjara seumur hidup tersebut.

Ditambahkan Humas PN Sungailiat, Jhon Paul Mangunsong, hingga putusan dibacakan, PN Sungailiat hanya melakukan penyitaan barang bukti dari terdakwa Aguan berupa 1 unit HP Samsung saja.

“Karena untuk barang bukti yang lainnya berupa paket sabu lebih dari 5 gram sudah disita dalam perkara lain yang merupakan jaringannya. Jadi sebelum terdakwa Aguan ini diadili, jaringannya sudah terlebih dahulu di adili,” katanya.

Menurut dia, terdakwa Aguan ini merupakan residivis dalam kasus yang sama yang mana sebelumnya pernah diadili karena terjerat kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

“Bahkan saat persidangan terungkap, waktu itu saat terdakwa di penjara dan berada di Palembang, terdakwa terus melakukan peredaran narkotika melalui jaringannya yang tak lain keluarganya sendiri, yakni kakaknya,”katanya.

Ditambahkan Jhon Paul, atas putusan tersebut, terdakwa dipastikan menjalani hari harinya didalam penjara selama seumur hidup.

“Jadi sampai akhirnya hayatnya, dia tetap berada didalam penjara kecuali terdakwa mengajukan grasi kepada Presiden,”katanya.

Sebelumnya, terdakwa Gunawan alias Aguan dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum dari Kajari Bangka Barat dengan hukuman 17 tahun penjara. Namun oleh Majelis Hakim PN Sungailiat, Sarah Louis Simanjuntak didampingi dua hakim anggota Jhon Paul Mangunsong dan Jhonson Parancis Simanungkalit menjatuhkan pidana penjara seumur hidup kepada terdakwa Gunawan alias Aguan. (kbc).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here