Beranda Hijau Pelawan Babel Minta Oknum Pemukul Jurnalis di Belitung Diusut Tuntas

Pelawan Babel Minta Oknum Pemukul Jurnalis di Belitung Diusut Tuntas

110
BAGIKAN

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com, Komunitas Pecinta Alam dan Relawan (Pelawan) Bangka Belitung (Babel) mengecam aksi pemukulan yang dilakukan oknum LSM dan oknum wartawan ke Disa Ariyandi seorang wartawan dari media Pos Belitung. Pemukulan diduga atas ketidaksenangan terhadap pemberitaan tambang pasir tersebut merupakan ancaman serius bagi wartawan, utamanya wartawan yang kerap memberitakan pengrusakan Lingkungan.

“Kami menyayangkan pemukulan oleh oknum LSM dan oknum wartawan di Pos Belitung terhadap rekan kami, sahabat kami, Disa Ariyandi. Kami tau sepak terjang Disa, dia sudah bergelut di wartawan harian itu dan sebagai aktivis pencinta alam. Profesinya sebagai jurnalis dilindungi Undang-Undang Pers, dan pemberitaannya juga dalam rangka mengkritisi kerusakan lingkungan akibat tambang pasir. Untuk itu kami minta pihak berwajib mengusut cepat dan mengeluarkan status tersangka kepada pelaku pemukulan,” kata Ketua Komunitas Pelawan Babel, Tri Harmoko, di Sungailiat, Rabu (27/9/2017).

Komunitas Pelawan Babel yang ikut bergerak dalam kepedulian untuk menjadikan alam dan kehidupan lebih baik berharap Disa Ariyandi tidak gentar menghadapi intimidasi serupa. Diharap juga ada perlindungan bagi pekerja pers lainnya yang telah beraktivitas sebagai wartawan sesuai jalur, utamanya ketika sedang mengawal isu-isu pengrusakan lingkungan.

“Harus ada efek tegas terhadap pelaku tersebut karena pemukulan jelas pidana murni. Kami dukung Polsek Tanjungpandan bersama Polres Belitung menyelesaikan kasus ini. Hal ini perlu perhatian semua pihak supaya kedepan tidak lagi terjadi kekerasan terhadap jurnalis, utamanya jurnalis yang memberitakan pengrusakan lingkungan dengan objektif dan akurat,” tegasnya. (kbc).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here