Beranda Kriminalitas Diduga Bocor, Razia TI DAS Jalan Laut Cuma Temukan 2 Mesin Robin

Diduga Bocor, Razia TI DAS Jalan Laut Cuma Temukan 2 Mesin Robin

84
BAGIKAN

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Tim Gabungan yang terdiri dari Polres Bangka dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka melakukan penertiban aktivitas penambangan Ilegal di kawasan Aliran Sungai Jalan Laut Sabtu malam (26/8/2017). Dari penertiban tersebut, petugas berhasil mengamankan 2 unit mesin robin yang ditinggal penambang di lokasi.

Razia Gabungan yang dimulai sejak pukul 21:00 WIB dipimpin langsung Kabag Ops Polres Bangka Kompol S. Sophian. Saat tiba di lokasi, petugas pun langsung melakukan penyisiran sungai tempat para penambang ini melakukan aktivitasnya.

Diduga razia yang dilakukan Tim Gabungan Tambang Inkonvensional (TI) apung ini sudah diketahui para penambang, lantaran tak ada satu pun tampak para penambang melakukan aktivitasnya. Padahal menurut informasi yang beredar, para penambang ini melakukan akvitas penambangan pada malam hari.

“Jadi kita sudah lakukan kegiatan seperti ini siang hari, kita juga tidak menemukan aktivias penambangan di sini bahkan kita kita juga mendapat informasi bahwa para penambang ini bekerja pada malam hari. Maka itu kita lakukan secara mendadak untuk mengecek di kawasan itu oada malam hari. Namun seperti yang kita lihat saat tiba di lokasi, para penambang ini tidak ada yang melakukan aktivitasnya,” ungkap Kabag Ops kepada Wartawan usai kegiatan.

Menurut informasi yang beredar bahwa adanya keterlibatan sejumlah Oknum di kawasan penambangan tersebut, Kabag Ops pun tak menyangkal, namun pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait kebenaran dan kepentingan Oknum ditambang tersebut.

“ Menurut informasi yang beredar itu ada, namun hal itu akan kita lakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan ada oknum yang terlibat atau tidak. Oknum ini kita belum tau, apakah oknum dari instansi atau kah oknum dari tertentu,” tambah Kabag Ops.

Dalam hal ini Kabag Ops berharap kerja sama semua lapisan agar tidak melakukan penambangan di kawasan aliran Sungai Jalan Laut tersebut. Selain kawasan tersebut memang tidak diperbolehkan adanya aktivitas penambangan, karena masuk dalam kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Bakau, kawasan tersebut juga dikhawatirkan akan penyebab terjadinya kebanjiran.

“Kegiatan ini sudah sekian kalinya kita lakukan, namun masih tetap ada. Dalam hal ini kami berharap dari segenap semua lapisan, baik itu dari masyarakat baik instansi terkait, karena dalam hal ini pihak Kepolisian dan Sat Pol PP tidak bisa bekerja sendiri. Kita harapkan masyarakat yang ada tinggal di daerah trersebut peduli terhadap lingkungannya. Kita khawatirkan daerah tersebut merupakan aliran air dan apabila musim hujan di khawatirkan akan banjir,” ujarnya.

Sementara itu, dari hasil yang dilakukan Tim Gabungan Sabtu malam berhasil menyita sebanyak 2 unit mesin Robin yang di sembunyikan pemilik disekitar lokasi dan langsung di bawa ke Mapolres Bangka untuk dijadikan barang bukti. (kbc).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here