Beranda Kriminalitas 2 Tahun DPO, Budi Tikal Diringkus di Bandung, Polisi Simpulkan Ia Terkait...

2 Tahun DPO, Budi Tikal Diringkus di Bandung, Polisi Simpulkan Ia Terkait Pengancaman

142
BAGIKAN

SUNGAILIAT -www.kabarbabel.com, Tubagus Budi Firbani alias Budi alias Budi Tikal alias Panglimada (42) diringkus jajaran Polres Bangka setelah masuk sebagai DPO (Daftar Pencurian Orang) 2 tahun lebih belakangan.‎ Budi Tikal tertangkap pada Kamis (3/8/2017) lalu di Jalan Raya Sarijadi, Bandung Jawa Barat.

Penangkapan sekitar pukul 13.30 WIB hari itu terkait kasus lamanya soal membawa senjata tanpa izin dan pengancaman atau menyuruh orang lain melakukan tindak pidana sesuai Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 dan 335 Jo 55 KUHP. Budi Tikal sebelumnya terkait LP/B-72‎/Ini / 2015 / Babel / Res bangka, tanggal 16 Januari 2015 dalam kejadian yang berlangsung pada 15 Januari 2015 sekitar pukul 15.00 WIB di ‎Kolong Buaya Kampung Rambak Kelurahan  Jelitik Kecamatan Sungailiat.

Pada waktu kejadian menimpa korban Mardeni alias Deni (39) seorang buruh harian warga Rambah Kelurahan Jelitik.‎ Sementara Budi Tikal yang belakangan tinggal di Apartemen Harris Lantai 11 no 101 Ciumbuleuit Kecamatan Sukasari kota Bandung serta saat di Sungailiat beralamat di Jalan Cendrawasih 1 Sungailiat tertangkap setelah polisi mendapat informasi keberadaannya.‎

Kronologis penangkapan bermula pada hari Senin (31/7/2017) ketika anggota Sat Reskrim Polres Bangka mendapat informasi keberadaan pelaku tindak pidana membawa sajam tanpa izin dan pengancaman atau menyuruh orang lain melakukan. Pelaku yang tidak lain Budi Tikal kemudian ‎diketahui sedang berada didaerah Sukasari Kota Bandung.

“Tim Buser Satreskrim Polres Bangka yang dipimpin Ipda Fanny Athar berangkat ke Bandung dan berkordinasi dengan Polrestabes Bandung dan Polsek Sukasari. Setelah 2 hari melakukan penyelidikan keberadaan DPO akhirnya diketahui, pada hari Kamis (3/8/2017) lalu dilakukan pembuntutan dan pengintaian terhadap DPO,” kata Kabag Ops Polres Bangka Kompol S. Sophian, Sabtu malam (5/8/2017).

Budi Tikal yang pada saat itu menggunakan 1 unit mobil Honda Mobilio warna putih melintas di Jalan Sarijadi Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Mobil yang dikendarai DPO diberhentikan, saat dibuka posisi DPO berada di bagian depan mobil disamping sopir. Setelah memperkenalkan diri dan menunjukan surat perintah, Budi Tikal diamankan tanpa perlawanan dan dibawa ke Polrestabes Bandung untuk dimintai keterangan.

“Keesokan harinya DPO dibawa ke polres Bangka untuk proses lebih lanjut,” kata Kabag Ops.

Dalam aksinya polisi menyimpulkan modus operandinya, Budi Tikal membawa dan membagikan senjata tajam jenis tombak, keris, pedang dan lain-lain kepada masyarakat suku tertentu untuk melakukan pengancaman. 

“Selain pengancaman juga pengusiran dan penyerangan dengan menggunakan sajam terhadap penambang yang melakukan aktifitas penambangan timah di Kolong Buaya,” pungkas Kabag Ops. (vna).‎

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here