Beranda Pariwisata & Budaya Wisata Sejarah Kota Kapur Dikembangkan

Wisata Sejarah Kota Kapur Dikembangkan

106
BAGIKAN

MENDO BARAT – www.kabarbabel.com, Desa Kota Kapur Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka yang berada paling barat dari Kecamatan Mendobarat mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan dan diberdayakan. Salah satunya dengan adanya situ Kota Kapur yang menjadi peninggalan sejarah kerajaan tempo dulu.

Menurut Kepala Desa Kota Kapur, Edy Candra, salah satu potensi yang akan dan terus dikembangkan dan dikenalkan ke khalayak masyarakat adalah situs Kota Kapur. Situs yang menjadi peninggalan sejarah ini sangat layak untuk dikembangkan menjadi salah satu objek wisata sejarah di Kabupaten Bangka.

“Banyak yang datang berkunjung ke desa ini untuk melihat langsung peninggalan sejarah ini,” ungkap Kepala Desa Kota Kapur, Edy Candra, Sabtu (17/6/2017) di Desa Kota Kapur dalam kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Bangka yang dihadiri Bupati Bangka H. Tarmizi Saat di Masjid Fathurrahman.

Diuraikan Edy kembali, selain wisata sejarah, desa yang dipimpinya itu juga mengembangkan sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan juga yang menjadi mata pencaharian masyarakat Desa Kota Kapur.

“Rata-rata masyarakat kita banyak yang berkebun lada, karet. Selain itu juga banyak yang mencari ikan, kepiting, udang, karena kita berbatasan dengan sungai Menduk dan juga Laut Bangka. Jadi banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk memajukan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Selain itu juga, Edy menambahkan, Desa Kota Kapur ini diharapkan dapat maju dan berkembang dan dapat bersaing dengan desa-desa lainnya sehingga bisa menjdai desa percontohan dengan segala potensi-potensi yang ada.

“Dengan anggaran Alokasi Dana Desa dan dan lainnya, kita harapkan desa kita ini bisa maju dan berkembang,” katanya.

Selain pengembangan desa di sektor pembangunan, Edy juga mengungkapkan, pemberdayaan masyarakat terutama pada pkk desa juga terus ditingkatkan.

“‘Ita berusaha mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat, membuat dan menciptakan sesuatu menjadi yang bermanfaat dan menjadi ciri khas Desa Kota Kapur, seperti adanya kerajinan tangan Desa Kota Kapur, makanan calo dan lain sebagainya,” tukas Edy. (kbc).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here