Beranda Citizen Jurnalis Semrawutnya Parkir Pasar Ramadan THR dan Masalah Sampah di Jalan Rawamangun

Semrawutnya Parkir Pasar Ramadan THR dan Masalah Sampah di Jalan Rawamangun

83
BAGIKAN
Sampah di Jalan Rawamangun Nelayan 2 Sungailiat yang masih dibuang sembarangan. (Foto:David-Mahasiswa Stisipol P12/www.kabarbabel.com).

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Hari ke 4 Ramadhan 1438 H, Selasa (30/5/2017) dimanfaatkan mahasiswa semester VI Prodi Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka untuk melaksanakan kuliah lapangan. Dengan memburu fenomena kehidupan masyarakat sebagai bahan citizen journalism, para mahasiswa melaporkannya secara langsung pada salah satu stasiun radio dan merilis ke berbagai media massa lainnya.

Mahasiswa melakukan laporan pada dua lokasi yaitu Pasar Ramadan Taman Hiburan Rakyat Sungailiat dan di Jalan Rawa Mangun Nelayan II Sungailiat. Salah satu mahasiswa David Pratama menyebutkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Public Speaking.

Dalam laporan tersebut mahasiswa melihat kondisi Pasar Ramadan yang tidak tertata karena banyaknya kendaraan roda dua dan roda empat milik pengunjung terparkir sembarang, sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya. Hasil wawancara mahasiswa dengan salah seorang pengunjung yang ada di Pasar Ramadan THR Sungailiat, bahwa dia memarkirkan kendaraannya di bahu jalan karena tidak tersedianya area dan petugas khusus parkir.

Parkir di Pasar Ramadan THR Sungailiat yang Masih Semrawut. (Foto : David-Mahasiswa Stisipol P12 Sungailiat/www.kabarbabel.com

Sementara itu pada lokasi kedua, ditemukan banyaknya sampah yang dibuang sembarang di tepi jalan lingkungan Rawa Mangun Nelayan II karena kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Diakui salah seorang warga, Roberto saat diwawancarai mahasiswa, ia berjualan di area tersebut dan ketika 3 minggu lalu sudah ada pihak BLH mengambil sampah.
“Sudah ada juga papan larangan membuang sampah tapi dicabut entah oleh siapa, warga membuang lagi sampah di sini. Yang buang sampah tidak hanya warga sini ada juga dari luar lingkungan ini,” kata Roberto.
Terkait kegiatan mahasiswa dalam citizen jounalism, Ferdiana, S. IKom selaku pengampu mata kuliah Public Speaking yang memandu mahasiswa untuk melakukan liputan mengatakan, laporan-laporan yang dilakukan mahasiswa tujuannya untuk mempertajam sejauh mana mahasiswa memahami teori-teori yang telah diberikan di kelas. Caranya, dengan mempratikan di lapangan sehingga melatih mental para mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan.

Selain itu, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 pada masyarakat. “Dengan membuat liputan ini diharapkan ada kesadaran masyarakat menjaga ketertiban dalam berbagai hal mulai dari parkir hingga menjaga lingkungannya” ujarnya. (David-Mahasiswa Stisipol P12 Sungailiat/kbc).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here