Beranda Serba Serbi Patung Jenderal Soedirman Berdiri Tegak di Tokyo

Patung Jenderal Soedirman Berdiri Tegak di Tokyo

85
BAGIKAN

www.kabarbabel.com – Masyarakat Jepang ternyata sangat menghormati sosok Jenderal Soedirman, sampai ada patung sang jenderal dibangun di halaman depan kantor Kementerian Pertahanan Jepang di Tokyo. Patung Jenderal Soedirman yang terbuat dari perunggu ini, berukuran setinggi sekitar empat meter.

Patung Jenderal Soedirman yang berada di halaman Kementerian Pertahanan Jepang ini, merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang ada dan dipajang di negara yang dijuluki Negeri Matahari Terbit. Ini merupakan fenomena yang unik dan sekaligus pula merupakan keistimewaan bagi Bangsa Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 2016 silam, Kelompok Masyarakat Jepang Pencinta Indonesia melakukan upacara peletakkan karangan bunga di depan Patung Jenderal Soedirman yang berdiri tegak di depan kantor Kementerian Pertahanan Jepang di Tokyo. Upacara peletakkan karangan bunga tersebut, merupakan yang pertama kali dilakukan sejak Patung Jenderal Soedirman berdiri sekitar dua atau tiga tahun yang lalu.

Ketua Panitia Pelaksana Upacara Peletakkan Karangan Bunga, Fujii Gemki menyebutkan bahwa Jenderal Soedirman merupakan figur penting dalam sejarah Indonesia dan sekaligus juga dalam sejarah Indonesia – Jepang.

“Melalui tentara PETA yang dibentuk Jepang pada masa pendudukan, kontak antara bala tentara Jepang dengan Jenderal Soedirman terjadi. Jenderal Soedirman menjadi salah satu simbol penting dalam hubungan kedua negara,”

“Oleh karena itu, melalui upacara peletakkan karangan bunga di depan patung Jenderal Soedirman, saya berharap ritual ini akan terus dan semakin meriah pada masa-masa mendatang, sebut Fujii seperti dikutip dari KBRI Tokyo pada bulan Agustus 2016 silam.

Sementara itu Duta Besar Indoneaia untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra yang hadir sebagai undangan dalam upacara peletakkan karangan bunga, dalam sambutannya menyatakan bahwa sejarah merupakan faktor yang amat penting bagi sebuah bangsa.

“Karena itu, mari kita belajar sejarah untuk kearifan yang lebih lagi di masa mendatang,” kata Yusron.

“Kita memiliki Patung Jenderal Soedirman di jantung Kota Tokyo, yang merupakan simbol sejarah yang kita hormati secara bersama-sama. Saya percaya bahwa melalui ikatan sejarah, kedua bangsa pun sekaligus pula mempunyai ikatan bathin yang amat dekat. Hal ini tentu dapat menjadi landasan untuk hubungan yang lebih baik lagi bagi kedua bangsa di masa depan,” tukas Yusron yang memimpin Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia di KBRI Tokyo. (merdeka.com/kbc/*yab)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here