Beranda Kriminalitas Jadi Pengguna Sabu, Oknum PNS Kanwil Ditangkap

Jadi Pengguna Sabu, Oknum PNS Kanwil Ditangkap

104
BAGIKAN
Foto Istimewa: 3 Jaringan Pengedar Sabu Diringkus Aparat Polres Pangkalpinang

– Bandar Juga Ikut Diringkus
– Disita BB 24G Sabu Senilai Rp 24 Juta
– Pengguna Lain Juga Diamankan

 

PANGKALPINANG – www.kabarbabel.com, BM (26) warga Air Itam, Oknum PNS yang bertugas di Kanwil Kemenkumham Babel diringkus aparat Sat Narkoba Polres Pangkalpinang pada Selasa dini hari lalu (11/04/2017) sekitar pukul 02.00 WIB. BM diduga merupakan salah satu pengguna sabu yang sudah diincar polisi. Dia ditangkap saat sedang berada di jalan kawasan perkantoran Gubernur, Air Itam.
“Kita dapatkan informasi bahwa pelaku ini salah satu pengguna sabu. Makanya kita lidik untuk kebenaran informasi tersebut. Dan akhirnya pelaku kita tangkap,” ujar Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Raspandi didampingi Kasat Narkoba, AKP Bagus Krisna Eka Putra seizin Kapolres, AKBP Heru Budi Prasetyo saat gelar kasus pagi kemarin (18/04/2017).
Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 paket kecil sabu, 1 pipa hisap, 1 tas, 1 kotak rokok, 1 HP dan sebuah mobil. “Saat ditangkap, pelaku tidak sedang menggunakan (sabu, red). Dia sedang berhenti di situ. Tapi barang bukti yang memberatkan ada pada pelaku,” kata Raspandi.
Pihak kepolisian pun sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kanwil Kemenkumham terkait penangkapan pelaku. Untuk proses hukum lebih lanjut akan dilaksanakan Sat Narkoba Polres Pangkalpinang. “Kita sudah informasikan ke pihak Kanwil karena ada keterlibatannya dari oknum PNS, proses hukum tetap dilanjutkan,” ujar Raspandi.
Usai meringkus oknum Kanwil Kemenkumham Babel, BM (26), Anggota Sat Narkoba Polres Pangkalpinang juga menangkap Bandar dari BM, yaitu AN (31) warga Semabung Lama. Dia ditangkap pada Salasa malam (11/04/2017) di Kafe Ayu, Kelurahan Bintang. “Dari pemeriksaan terhadap BM, kita dapatkan identitas dari asal barang. Makanya, berdasarkan keterangan itu, kita tangkap bandarnya saat sedang berada di kawasan Kelurahan Bintang,” ujar Kabag Ops.
Usai melakukan penangkapan, polisi pun langsung melakukan penggeledahan di kediaman pelaku. Tak tanggung-tanggung, polisi berhasil mendapatkan barang bukti sabu seberat 24 gram yang ditaksir senilai Rp 24.000.000,-. “Kita juga dapatkan barang bukti lain berupa timbangan digital, plastik pembungkus paket sabu dan sebagainya yang mengarahkan bahwa pelaku ini adalah bandar,” kata Raspandi.
Dari keterangan pelaku, dia mendapatkan barang tersebut dari oknum berinisial JO yang masih dalam penyelidikan. “Pelaku sampai saat ini masih kita lakukan penahanan. Kita masih terus kembangkan kasus ini,” pungkas Kabag Ops.
Sementara itu, Oknum PNS Kanwil Kemenkumham Babel, BM mengaku sudah 2 tahun terakhir ini menjadi pengguna sabu. “Awalnya diajak-ajak kawan ikut make, jadi keterusan,” kata dia.
Untuk tangkapan terakhir ini, BM mengaku mendapatkan barang dari AN. Namun, selain itu dia mendapatkna barang juga dari pihak lain yang sampai saat ini masih dalam penyelidikan polisi. “Dari AN baru-baru ini dapet barang (sabu, red). Sebelumnya ada yang lain,” imbuh dia.

 

Pengguna Lain Juga Diamankan

Selain jaringan pengedar narkoba sabu, BM dan AN yang diringkus, polisi juga mengamankan pelaku lain, yaitu AR (23) warga Mangkol, Pangkalan Baru, Bangka Tengah. Dia ditangkap pada Hari Senin lalu (10/04/2017) sekitar pukul 19.00 WIB dikediamannya. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 paket kecil sabu, 1 unit HP, 1 buah pyrex, 1 kotak rokok dan 1 kotak tisu.
Pelaku bersikeras bahwa barang tersebut bukan miliknya. Dia hanya dititipkan saja oleh temannya. “Karena kami teman lama, makanya dititipkan saja. Ku tahu kalau itu sabu, tapi karena kawan ya sudah lah, nggak masalah,” kata dia.
Namun, apes baginya, ternyata dia ditangkap polisi atas kepemilikan barang tersebut. Apalagi, sabu tersebut ditemukan di dalam rumahnya juga. Makin apes lagi, dia mengaku sudah digugat cerai oleh istrinya sendiri. “Istri ku besoknya setelah ditangkap, langsung minta cerai. Sudah bawa pengacara dan bawa wartawan. Padahal kami ada anak kecil masih lucu-lucunya,” kata dia.

Foto Istimewa: 3 Jaringan Pengedar Sabu Diringkus Aparat Polres Pangkalpinang

Sementara itu Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Raspandi menegaskan bahwa pelaku sudah lama menjadi incaran aparat. Bahkan, saudara kandung pelaku disebutkan Raspandi merupakan salah satu bandar besar. “Kita sudah lama mengincar pelaku satu ini. Apa pun keterangannya, kita ada barang buktinya dan akan mengembangkan kasus ini,” tegas Kabag Ops. (kbc)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here