Beranda Babel Antisipasi Kebakaran, RSUD Sungailiat Gelar Simulasi Tangani Kebakaran

Antisipasi Kebakaran, RSUD Sungailiat Gelar Simulasi Tangani Kebakaran

59
BAGIKAN

‎SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Rumah Sakit Umum Daerah Sungailiat Jumat (7/4/2017) kemarin menyelenggarakan latihan pemadaman kebakaran. Tanggap bencana kebakaran ini bekerja sama dengan Bidang Penanggulangan Bencana Satpol PP Kabupaten Bangka. K‎egiatan yang dibuka Direktur RSUD Sungailiat, dr. Jasminar ini wajib diketahui seluruh karyawan RSUD Sungailiat.

“Jika sewaktu-waktu terjadi Kebakaran di RSUD Sungailiat petugas RSUD sungailiat sudah langsung tanggap dan mengetahui bagaimana cara penanggulangan kebakaran tersebut”,ujar dr. Jasminar.

Menurut Direktur RSUD Sungailiat, kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi bencana kebakaran.

“Kita antisipasi dari sekarang jangan sampai ada kejadian kita tidak mengetahui cara pemakaian APAR (Alat Pemadam Kebakaran), penggunaan bahan-bahan yang bisa dijadikan pemadaman pertama seperti kain basah dan lain-lain,”ujarnya sembari menghimbau kepada seluruh petugas di setiap bagian RSUD Sungailiat untuk memahami kondisi tanggap darurat demi melayani pasien dengan maksimal.

Pemateri langsung disampaikan Kepala Bidang Penanggulangan bencana dan kebakaran Satpol PP Bangka, M. Fauzi beserta 9 kru pemadam kebakaran. S‎etelah diberikan materi, para peserta dilanjutkan dengan simulasi kebakaran yang dipimpin Herfiansyah dan Jaya. Disampaikan penggunaan APAR dan simulasi pemadaman api melalui media APAR dan penggunaan monitor pemadaman api serta kain basah di halaman Parkir RSUD Sungailiat. K‎egiatan ini juga diterapkan mengenai bagaimana menolong korban dan pasien di RSUD Sungailiat.

“Simulasi yang sangat menegangkan jika kita membayangkan kejadian yang sesunguhnya,” ujar dr. Zarril Khifarri yang hadir dalam simulasi hari itu.

Selama kegiatan simulasi berlangsung sangat heroik. Petugas meluncur dengan perlengkapan helm dan tabung oksigen beserta masker untuk masuk ke dalam asap di Lantai 2 Ruang Rawat Inap Asoka dengan melewati koridor dalam mengevakuasi pasien yang diperankan pegawai RSUD Sungailiat hingga menuju ruang IGD RSUD Sungailiat.

“Simulasi-simulasi kegiatan tersebut memberikan ilmu baru bagi seluruh petugas RSUD Sungailiat tentang Bagaimana sikap tanggap darurat petugas RSUD Sungailiat atas bahaya -bahaya yang mungkin terjadi di RSUD Sungailiat khususnya kebakaran yang bisa terjadi kapan saja di RSUD Sungailiat dengan berbagai media yang bisa memadamkan api dan tatacara menolong pasien serta korban kebakaran,” jelas Humas RSUD Sungailiat, Zulfikar.‎

Dikatakannya, RSUD juga harus menyiapkan para petugas medis dan paramedis dengan situasi tanggap bencana. Seperti petugas IGD RSUD Sungailiat yang cepat tanggap dengan situasi pertolongan pertama bagi pasien kebakaran. (rel/kbc).‎

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here