Beranda Fokus Berita Setelah Fery dan Tarmizi, Safarudin Ikut Diperiksa Kejati Terkait Pengerukan Muara Air...

Setelah Fery dan Tarmizi, Safarudin Ikut Diperiksa Kejati Terkait Pengerukan Muara Air Kantung ‎

30
BAGIKAN

PANGKALPINANG – www.kabarbabel.com, Setelah beberapa waktu lalu Sekda Bangka Fery Insani, termasuk Bupati Bangka Tarmizi Saat serta beberapa pegawai Pemkab Bangka diperiksa, giliran Safarudin diperiksa. Safarudin ikut diperiksa terkait pengerukan muara Air Kantung-Jelitik Sungailiat yang dilakukan PT. Pulomas.‎

Safarudin selaku Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Bangka‎ diperiksa penyidik asisten tindak pidana khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung (Kejati Babel) sekitar 8 jam.
Pemeriksaan mulai pukul‎ 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB  terkait dengan besaran retribusi yang diperoleh Pemkab Bangka selama ini. 

“Banyak hal kita tanyakan sesuai dengan penyidikan atas kasus ini, kapasitas dia (Safarudin) sebagai pejabat yang ngurus pemasukan daerah ya kita tanya seputar itu lah,” kata Kejati Babel melalui Kasipenkum, Roy Arland.

Ditanya apakah salah satu pertanyaan tentang komitmen retribusi yang awalnya Rp 12 ribu permeter kubik akhirnya turun jadi Rp 3 ribu permeter kubik Roy tidak menjelaskan hal itu.
Sebab yang lebih mengerti hal itu adalah penyidik dan ia yakini pasti ditanyakan.‎

“Saya tak menggali soal itu dari kawan-kawan penyidik, tapi soal itu (komitmen retribusi)  pasti lah ditanya detil, kan kapasitas dia (Safarudin),” jelasnya.

Terkait pemeriksaan ini, Safarudin yang merupakan mantan Kepala Disperindagkop Kabupaten Bangka memilih bungkam. Hal yang sama juga dilakukan Sekda Bangka Fery Insani. Hanya Bupati Bangka Tarmizi Saat yang sedikit membuka terkait pemeriksaannya. Mencuatnya kasus ini ke permukaan karena diduga izin pengerukan muara yang diberikan tetapi lebih intens diduga aktivitas tambang timah dan tambang pasir. (kbc).‎


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here