Beranda Tips dan Info Kesehatan Ini Cara Agar Tidur Anda Nyenyak

Ini Cara Agar Tidur Anda Nyenyak

30
BAGIKAN

www.kabarbabel.com – Jika Anda mengalami sulit tidur, dianjurkan untuk mengetahui penyebabnya. Tujuannya agar Anda mudah mengantisipasi kondisi ini

Tidak bisa dimungkiri, permasalahan hidup seperti konflik dalam rumah tangga atau urusan pekerjaan dapat membuat Anda stres. Masalah semacam itu seperti terus-menerus berputar dan menempati ruang di kepala dan membuat Anda terus memikirkannya. Anda dapat menjadi lebih lama terjaga dan menjadi sulit tidur.

Memasuki usia 40 tahun, pada umumnya muncul kecenderungan perubahan pola tidur. Jika pada usia sebelumnya dapat tidur nyenyak sepanjang malam, maka bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas mengalami kecenderungan untuk beberapa kali terbangun di malam hari. Makin sering terbangun, maka Anda makin tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Alih-alih menenangkan, alkohol dan kafein yang Anda konsumsi dapat membuat Anda terbangun di malam hari lebih sering dari biasanya. Mengonsumsi nikotin berlebihan juga dapat menyebabkan hal yang sama. Bahkan terlalu banyak mengonsumsi alkohol kadang-kadang dapat menyebabkan sakit kepala dan berkeringat. Gangguan ini dapat terasa lebih jelas pada saat Anda terbangun dari tidur dimana Anda merasa tidak segar.

Manusia memiliki ’alarm tubuh’ yang disebut dengan ritme sirkardian. Ritme ini berkaitan dengan siklus tidur tiap harinya. Makin rutin dan stabil waktu tidur yang Anda jalani setiap harinya, makin bagus kualitas tidur Anda. Siklus ini dapat berubah oleh karena kegiatan olah raga dan tidur siang. Siklus juga dapat berubah oleh karena paparan sinar, seperti bila Anda terus menerus melihat laptop atau saat Anda bepergian ke daerah dengan zona waktu berbeda.

Disarankan untuk mengikuti cara-cara tidur nyenyak di bawah ini.

*Membatasi tidur siang
Tidur siang bisa menjadi penyebab Anda sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghindari ataupun membatasi tidur siang, yaitu tidak lebih dari 25 menit. Untuk menghindari tidur siang, Anda dapat mencoba mengalihkan perhatian Anda pada hal-hal lain yang ringan, seperti bersepeda, jalan kaki, membaca buku, atau mengobrol.

*Hindari olahraga keras sebelum tidur
Olahraga berat yang dilakukan sebelum tidur pada sebagian orang bisa membuat segar dan butuh waktu lama untuk menenangkan diri. Untuk menghindari sulit tidur karena segar setelah berolahraga, Anda disarankan menggantinya dengan yang menenangkan.

*Melakukan yoga, membaca buku bisa menjadi pilihan.

Berbeda dengan olahraga berat, perlu diingat bahwa aktivitas seksual cenderung membuat kantuk.
Hindari makanan berat menjelang waktu tidur
Makanan berat akan membuat sistem pencernaan Anda bekerja keras. Mengonsumsi makanan berat menjelang waktu tidur bisa jadi membuat Anda tidak bisa tidur cepat.

Jika Anda lapar di malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan kecil, seperti biskuit, sereal, atau susu. Makanan kecil ini justru dapat membuat Anda lebih santai. Satu hal lagi, batasi waktu makan, yaitu sebaiknya paling lambat satu jam sebelum tidur.

Kopi mengandung kafein yang dapat membuat Anda sulit mengantuk. Jika pun memaksakan untuk tidur, Anda bisa terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur Anda menurun dan mengurangi waktu tidur. Efek nikotin pada rokok pun sama.

Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran Anda bisa santai. Anda juga dianjurkan ‘melupakan’ sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian. Singkirkan laptop dari tempat tidur atau Anda bisa tergoda berselancar di dunia maya dan akhirnya menggunakan waktu tidur. Hal yang juga harus coba dihindari adalah menonton TV.

Seperti yang telah dibahas di atas, tidur pada jam yang sama secara rutin bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh. Lakukan juga saat akhir pekan. Jadwal tidur yang tetap akan membantu Anda tidur nyenyak. Jangan lupa, buatlah tempat tidur senyaman mungkin dan gunakan pencahayaan yang redup agar tubuh dapat beristirahat sepenuhnya.

Banyak cara tidur nyenyak yang dapat diterapkan. Anda bisa memulainya sekarang juga, minimal tentukan waktu tidur tiap hari agar tubuh dapat menyesuaikan jam tidur yang stabil.(alodokter.com/kbc).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here