Beranda Ekonomi Kreatif & UMKM Gunawan Olah Akar Bahar Jadi Cincin, Tasbih dan Tongkat Komando‎ ‎

Gunawan Olah Akar Bahar Jadi Cincin, Tasbih dan Tongkat Komando‎ ‎

96
BAGIKAN

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Kabupaten Bangka ternyata memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, mulai dari potensi pantai, kuliner, alam, budaya dan lainnya. Termasuk juga akar bahar. Berbicara mengenai akar bahar ini, ada home industri yang mengelola terumbu karang ini yang menjadi perhiasan yang indah dan diminati banyak orang adalah Gunawan (57).

Gunawan memiliki kedai usaha “Bangka Akar Bahar Maju’ yang beralamat di jalan Timah Raya, Nangnung Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Gunawan merupakan salah satu pengrajin yang mengolah tumbuhan yang hidup di dasar laut dan tumbuh di atas karang laut yang berada di kedalaman 10-20 meter bahkan bisa sampai lebih menjadi perhiasan yang cantik dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Kita mendapatkan akar bahar ini dari para nelayan, kita beli seharga Rp 50 ribu perkilo dengan beragam jenis, ada warna merah, hitam, putih,” ungkap Gunawan, Jumat (24/3/2017) di rumahnya yang sekaligus menjadi home industri.‎ Diuraikan Gunawan, dirinya membuat perhiasan akar bahar ini ilmunya didapat dari orang tuanya, dan sudah turun temurun sejak tahun 70-an.‎
“Ada cincin, gelang, tasbih, kalung, tongkat komando dan lain sebagainya dengan ukuran yang bervariasi, yang paling banyak dicari itu, gelang dan cincin,” jelasnya. 

Dituturkan Gunawan, untuk sekarang pemasarannya melalui secara online dan peminat datang langsung ke tempatnya.
“Harganya bervariasi, tergantung ukuran dan bentuknya, ada ratusan ribu bahkan ada jutaan juga, dan banyak juga yang datang kesini untuk sebagai mitra seperti ada dinas yang datang untuk ikut pameran di luar Bangka,” katanya. 

Sementara itu Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bangka, Hj. Diny Herlina Fery Insani yang ikut datang ke home industri Gunawan, Bangka Akar Bahar Maju mengungkapkan, prospek akar bahar khas Bangka ini sangat unik dan elegan, dan sangat cocok dipakai di semua kesempatan. 

“Akar bahar ini merupakan bahan mentah, menjadi bahan jadi dengan nilai jual yang bagus,” kata Diny.

Dikatakannya juga, DWP Kabupaten Bangka sangat berharap mendapatkan ilmu dari keahlian membuat akar bahar ini menjadi barang yang berharga dan indah dipakai. ‎

“Ini prosp‎ek yang bagus, dan membuka usaha juga bagi ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan, dan kita siap mempromosikan akar bahar ini di event Bangka Expo nanti,” ungkapnya. 
Kedepan juga Diny berharap, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangka dapat menggandeng menjadi mitra dan mendukung sektor pariwisata juga sehingga Bangka dapat lebih dikenal.
“Ini produk khas daerah kita, kita siap mempromosikan, karena akar bahar ini unik, sangat bagus, dan katanya bisa menyembuhkan penyakit juga,” katanya. (vna).‎

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here