Beranda Komunitas Gelar Pelatihan Olah Sampah Plastik, Becak Babel Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan‎

Gelar Pelatihan Olah Sampah Plastik, Becak Babel Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan‎

86
BAGIKAN

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, ‎Ketua Komunitas Becak Babel, Arinda Unigraha mengutarakan, sampah plastik sudah menjadi hal yang harus diperhatikan dengan serius, baik dari segi penggunaan dan pengolahan sampahnya. Sebab hampir setiap sudut terdapat sampah plastik, mulai dari yang paling kecil seperti bungkus permen dan sedotan, hingga besar seperti botol air mineral. 

“Sebelum pencemaran sampah plastik ini menjadi suatu bencana. Mari kita tanggani dan kelola dengan serius, sehingga bisa menjadi berkah,” ungkap Arinda Unigraha ini, Sabtu (18/3/2017).

Dikatakannya, pola tingkah laku dan kebiasaan hidup masyarakat kurang bersih dan peduli terhadap lingkungan menjadi salah satu faktor utama pencemaran sampah plastik. Ia pun berharap pemerintah dan stakeholder terkait dapat merangkul seluruh elemen masyarakat.

“Terutama kelompok-kelompok masyarakat yang peduli terhadap sampah dan lingkungan hidup. ‎Mari segera mengambil langkah-langkah strategis dalam pengurangan dan penanganan sampah plastik ini. 

sebelumnya‎ Komunitas Bangka Environment Creative Activist of “kawa” Kepulauan Bangka Belitung (Becak Babel) menggelar kegiatan khusus berupa Pelatihan Daur Ulang dan Pengelolaan Sampah Plastik. Kegiatan berlangsung di Rumah Kompos, Bank Sampah Lestari, Kelurahan Bukit Betung, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka pada 8-11 Maret lalu.

Para peserta mempelajari berbagai cara dan teknik dalam pengelolaan sampah plastik, yang meliputi penyortiran/pemilahan jenis sampah plastik, teknik dan tata cara penggunaan mesin cruster pencacah plastik. Selain itu juga mempelajari mengenai proses penggilingan, penjemuran cacahan plastik hingga pengemasan cacahan. 
Trainer dalam kegiatan didatangkan langsung dari Bekasi, yaitu Bapak Suwadi dari Artha Persada Investama selaku mitra Becak Babel untuk aktivitas pengolahan sampah plastik. 

“Kegiatan ini berlangsung secara sederhana, dengan keadaan seadaanya dan swadaya dari para volunteer Becak Babel,” kata Koordinator Pelaksana Kegiatan, Muhammad Yusuf Khalid.

Ditambahkannya, kegiatan yang sudah direncanakan sejak lama meskipun dalam kondisi terbatas menjadi salah satu bukti keseriusan dalam mengelola sampah. Diharapkan, para volunteer Becak Babel memiliki kemampuan dan kompetensi dalam mengelola sampah, khusunya sampah anorganik berupa plastik. ‎

“Kedepan, kegiatan serupa akan diagendakan secara berkala oleh Becak Babel dengan jangkauan yang lebih luas. Selaku komunitas yang di bidang sampah dan lingkungan hidup kita terus berupaya mengkampanyekan dan mengajak masyarakat untuk terlibat langsung secara aktif dalam kegiatan pengelolaan sampah,” tandasnya. (vna).‎

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here