Beranda Ekonomi Kreatif & UMKM Teh, Kopi dan Jus Pinang dari Desa Jurung

Teh, Kopi dan Jus Pinang dari Desa Jurung

168
BAGIKAN

MERAWANG – www.kabarbabel.com, Desa Jurung Kecamatan Merawang memiliki keunikan sendiri dalam olahan produk minuman. Tidak seperti biasa menggunakan buah pada umumnya, kali ini buah pinang yang biasa untuk sirih atau bahan kosmetik berhasil diolah sebagai bahan minuman teh, kopi, dan jus berkhasiat. Bahkan label Sinyo Teh Pinang dan Sinyo Kopi Pinang telah mendapat izin PIRT (Produk Ibu Rumah Tangga) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.

“Yang kita olah disini kita buat produk menjadi teh pinang, kopi pinang disamping juga menjadi jus pinang. Kita sudah mulai produksi satu bulan ini,” kata Sarbini selaku perintis teh, kopi dan jus pinang di Desa Jurung didampingi rekan-rekannya, Kami (8/3/2017).

Ide membuat aneka minuman dengan bahan baku buah pinang?. Awalnya, ia bersama rekan-rekannya diminta PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Desa Jurung ikut pameran dengan menampilkan produk bibit pinang dan jus pinang. Namun kemudian Sarbini berfikir untuk menciptakan produk lain yang lebih baik dan bermanfaat.

“Saya mencoba setelah dapat informasi dari hasil membaca di google (internet), mendengar dari berita bahwa pinang bisa dijadikan obat, kosmetik dan sebagainya. Maka saya coba menggiling, mengsangrai dan ternyata jadi. Setelah itu dicoba dibuatkan teh dan kopi ternyata bisa dik‎onsumsi,” sebut Sarbini.

Teh, kopi maupun jus disajikan dengan cepat oleh Sarbini. Sekilas, teh tampak cokelat seperti teh pada umumnya, demikian juga kopi pinang. Hanya untuk kopi, ampas yang biasa mengambang tidak terlihat terlalu banyak. Kopi lebih tersaring dan berwarna bening. Baik teh maupun kopi memiliki cita rasa khas tersendiri, demikian juga aroma harum khas pinang membedakan dengan kopi dan teh lainnya.

‎Sedangkan jus pinang yang terbuat dari pinang muda disajikan dengan es batu agar lebih segar. Jus pinang pun bisa menjadi minuman vitalitas bagi pria apabila dicampurkan dengan madu dan telur ayam kampung. Rasa khas jus pinang cukup pas di lidah dan memberi reaksi tersendiri. Penasaran mencobanya, silahkan mengunjungi Sarbini di Jalan RRI, Desa Jurung, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Dari kemasannya, teh pinang memiliki khasiat mengobati maag, menghaluskan kulit, menurunkan gula darah, menghancurkan toksin, mengencangkan kewanitaan. Selain itu teh pinang memiliki khasiat meningkatkan vitalitas pria, mengharumkan tubuh, dan menguatkan gigi. Sedangkan untuk kopi pinang berkhasiat melarutkan lemak jahat, mengobati stroke dan menurunkan darah tinggi. Untuk jus pinang khasiatnya menjaga stamina, meningkatkan vitalitas pria, mengencangkan kewanitaan, dan mengharumkan tubuh.‎ (vna).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here