Beranda Komunitas BECAK Babel Peduli Lingkungan Lakukan Bersih Sampah di Pantai

BECAK Babel Peduli Lingkungan Lakukan Bersih Sampah di Pantai

127
BAGIKAN
BECAK Babel saat aksi di salah satu Pantai di Sungailiat

SUNGAILIAT – Peduli akan kondisi lingkungan hidup dan remaja, Komunitas BANGKA ENVIRONMENT CREATIVE ACTIVIST OF KAWA (BECAK) Babel mengadakan “Volunteer Camp 1 BECAK BABEL”. Dalam kegiatan tersebut, BECAK Babel yang merupakan Komunitas Peduli Lingkungan Hidup dan Remaja memfokuskan kegiatan pengelolaan sampah berpusat di sepanjang pantai Tanjung Pesona Sungailiat dan sekitarnya.

Ketua BECAK Babel, Arindra mengatakan, sejauh ini berbagai kegiatan telah banyak dilakukan  baik dalam kegiatan besar skala lokal maupun Nasional. Kegiatan Voulenteer Camp 1 BECAK BABEL diselenggarakan dengan bekerja sama dengan Pihak Pengelolan Pantai Tanjung Pesona Beach and Resort bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar penggiat dan Pembina lingkungan Hidup yang tergabung dalam komunitas Bank Sampah BECAK Babel.
Dilakukan juga Survei dan Pendataan titik potensi sampah di seputaran pantai dan aksi penyelamatan lingkungan pesisir pantai dari sampah. Agenda Volunteer yang berlangsung akhir pekan lalu adalah agenda pertama di awal tahun 2017 diharap dapat terjalin interaksi dan silahturahmi antar Pengurus, Volunteer, Pembina Becak Babel serta Masyarakat yang peduli akan lingkungan.
“Selain silahturahmi antar sesama dalam kegiatan ini, kita menargetkan beberapa point penting dalam kegiatan ini, seperti pendataan titik potensi sampah di sepanjang pantai untuk kemudian kita laksanakan kegiatan pembersihan. Tentunya melibatkan seluruh masyarakat, pengunjung, juga yang peduli akan lingkungan pantai,” ujar Arianda yang sering dipanggil Inong.
Lebih lanjut ia katakan, dalam aksi kemarin, BECAK Babel berhasil mengumpulkan 160 Kg sampah yang terdiri dari sampah organik maupun sampah an organik. Untuk sampah Organik yang tidak bisa didaur ulang ditanam di lokasi yang jauh dari pantai dan untuk sampah an organik seperti plastik-plastik akan dibawa ke Markas Bank Sampah Lestari BECAK BABEL yang berada di Taman Persahabatan Lingkungan Taman Pesona Sungailiat untuk didaur ulang kembali.
Dalam kegiatan tersebut turut hadir beberapa  Pembina BECAK BABEL salah satunya Fahmi Andika yang juga merupakan aktivis lingkungan di Bangka Flora Society. Fahmi mengatakan, dengan diadakannya kegiatan tersebut untuk tentu sangat perlu didukung oleh semua orang dari semua kalangan. Kegiatan itu ia anggap positif, dan selama ini ia pun terus mengikuti setiap pergerakan dan kegiatan komunitas dari awal hingga sekarang.
“Hal ini membuktikan bahwa ternyata di Bangka Belitung ini masih ada anak-anak muda yang dapat melakukan kegiatan-kegiatan kreatif seperti ini. Apalagi konsennya di bidang sampah dan lingkungan hidup, karena selama ini paling-paling kita dengar komunitas pecinta Alam, sehingga BECAK BABEL harus kita dukung setiap kegiatannya,” kata Fahmi Andika.
Lebih lanjut ia katakan, yang menarik dari BECAK BABEL adalah sistemnya yang diterapkan berupa volunteer atau sukarelawan yang bergerak tanpa mengharapkan hal-hal tertentu dan hanya berharap apa yang dilakukan dapat mengubah pola tingkah laku masyarakat ke arah lebih baik dalam pengelolaan sampah.
Sementara itu, salah satu volunteer BECAK Babel, Oom Ismi Mustaqim atau yang sering disapa Oim, mengatakan, ia sangat antusias mengikuti kegiatan sebagai perwujudan dari apa yang sebenarnya diinginkan orang banyak selama ini. Hal itu terkait adanya orang-orang yang peduli dan konsen terhadap kebersihan lingkungan.
“Tentunya saya sangat merasa antusias dan semacam ada rasa puas ketika berada diantara orang-orang yang punya potensi dan rasa peduli yang tinggi terhadap lingkungan, sehingga saya merasa BECAK BABEL merupakan solusi bagi mereka yang kebingungan dimana bisa bergerak bersama untuk lingkungan tetapi dengan niat yang tulus tanpa berharap imbalan dan sebagainya,” sebut Oim.
Selain itu yang membuatnya tertarik, BECAK Babel tidak hanya menganggap lingkungan hidup hanya sebatas persoalan kebersihan dan kelestarian alam saja, tetapi juga semua aspek yang berhubungan dengan kehidupan sosial masyarakat. ‎Disamping peduli sampah dan Lingkungan Hidup secara Umum, BECAK juga berkarya dan berinovasi di bidang Keagaaman, Pendidikan, Kenakalan Remaja, Narkotika, Pusat Informasi Konseling, Ketrampilan dan Kewirausahaan, kesehatan, Kepemudaan dan Literasi. (vna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here